3 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Dengan Kebiasaan Yang Baik


Mempunyai buah hati yang lucu dan imut yang menggemaskan tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua, baik bunda maupun ayahnya. Anak yang sudah berusia 2 tahun, tentu saja berbeda dalam cara mendidiknya jika dibandingkan dengan usia-usia di atasnya. Pada masa usia-usia 1 hingga 2 tahun, anak masih termasuk dalam masa-masa usia perkembangan, dimana ia akan berkembang dalam berbagai hal dengan cukup pesat. Sejak lahir, ia akan menunjukkan berbagai macam perubahan perlahan tapi pasti dalam setiap harinya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara mendidik anak usia 2 tahun.

Pada saat anak menginjak tahun ke 2 dalam usianya, maka tidak bisa dipungkiri bahwa ia sudah mulai ingin mencari tahu banyak hal di sekitarnya. Sebagai orang tua, anda harus pandai-pandai mensikapi anak tersebut. Semua indera yang dimiliki sang anak saat umur 2 tahun sudah bekerja sebagaimana mestinya dengan baik. Sang anak pun sudah mulai bisa mengenali dan menghapal orang-orang atau benda yang mereka temui di sekitarnya, terutama orang tuanya yakni ayah dan bundanya atau saudara-saudaranya. Sehingga sangat jarang sekali kita jumpai sang anak yang usianya menginjak 2 tahun merengek ketika digendong dengan orang pertama yang ia kenali.

Cara Mendidik Anak Berusia 2 Tahun

Untuk mendidik anak yang baru berusia 2 tahun, sebenarnya sangat susah-susah gampang. Dalam mendidik anak ini, anda perlu mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan pendidikan sang anak dan mengenal terlebih dahulu tentang diri anda sebelumnya. Hal inilah yang menjadikan para ahli mengemukakan bahwa suatu pendidikan yang pada anak yang masih kecil sangat penting karena hal tersebut akan menjadi satu pondasi bagi sang buah hati, yang kemudian menjadi tumpuan saat mulai tumbuh membesar. Ada beberapa cara yang bisa anda coba dalam rangka mendidik anak saat menginjak usia tahun ke 2.

1. Meluangkan Waktu

Satu hal yang perlu anda perhatikan dalam mendidik anak yaitu meluangkan waktu. Sebagai orang tua sudah seharusnya meluangkan waktu bersama anak. Meluangkan waktu yang sebentar saja sudah cukup membantu perkembangan anak, terlebih lagi jika bisa lebih sering untuk bersama anak. Dalam waktu luang bersama anak ini, anda bisa hanya sekedar ngobrol-ngobrol atau ikut bermain bersama anak. Usahakan kedua orang tua, baik ayah bundanya bisa memberikan waktu luang ini kepada sang buah hati.

2. Mengajarkan Kebiasaan Baik

Ketika sudah meluangkan waktunya untuk anak, maka selanjutnya yaitu mengajarkan kebiasaan-kebiasaan yang baik kepada sang buah hati. Anak saat berusia 2 tahun akan lebih menerima hal-hal dari luar yang ia lihat dan ia dengarkan. Oleh karena itu sebagai orang tua, anda diharuskan untuk mengajarkan hal-hal yang baik agar bisa tertanam kebiasaan yang baik pada sang buah hati. Anda bisa mengajarkan atau memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang membawa nilai positif untuk sang buah hati anda, dan cara yang lebih mudah yaitu dengan mengajaknya berkomunikasi yang baik-baik.

3. Memberikan Keleluasaan Berekspresi

Ketika anda sudah mengajarkan kebiasaan yang positif, maka selanjutnya biarkan sang buah hati anda berekspresi sesuai dengan kemampuannya. Anda sebagai orang tua jangan sekali-kali mengekang keinginan atau aktivitas yang dilakukan sang buah hati. Namun tetap dalam pengawasan anda, yang artinya ketika ia berbuat tidak sesuai anda bisa meluruskan dan memberi tahu bagaimana seharusnya (baca juga: cara mengatasi bayi susah makan)

Kami rasa cukup sampai di sini pembahasan kita tentang cara mendidik anak usia 2 tahun, semoga bermanfaat untuk ita semua.

  • cara mendidik anak usia 2 tahun
  • cara didik anak umur 2 tahun
  • cr mengajari anak usia 2 thn

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah