7 Makanan Penghilang Stres Yang Terbukti Manjur

Semua orang pasti pernah merasakan masa-masa sulit. Deadline pekerjaan yang semakin dekat, kalendar yang terisi berbagai jadwal rapat, minim waktu santai, hingga akhirnya merasa gerah dengan suara ribut di sekitar kita adalah tanda kita mulai merasakan stres. Tak heran jika akhirnya kita jadi sensitif terhadap hal-hal yang biasanya bukan merupakan hal yang mengganggu.

Cara Mengatasi Stres Dengan Makanan Sehat

Meskipun memang alami, tetapi stres tidak boleh dibiarkan. Psikis dan jiwa kita berhak mendapatkan kebahagiaan. Cukup banyak cara untuk membuat kita bahagia dan mungkin tidak akan sama untuk setiap orang. Meski begitu, salah satu cara untuk mengurangi stres yang cukup efektif bersamaan dengan menaikkan kebahagiaan adalah mengonsumsi makanan penghilang stres berikut ini.

1. Sayuran Hijau

Daripada meluapkan emosi dengan makan burger keju yang tinggi lemak (dan justru mendukung timbulnya stres karena menaikkan berat badan), lebih baik pilih menu sayuran hijau sebagai menu makan. Sayuran hijau seperti bayam dikenal mengandung asam folat. Kandungan inilah yang akan memproduksi hormon dopamin yang dikenal sebagai hormon bahagia.

Pada studi yang dilakukan tahun 2013 dari University of Otago, ditarik hasil bahwa mereka yang mengonsumsi sayuran dan buah lebih banyak memiliki karakteristik sebagai pribadi yang lebih tenang, bahagia, sekaligus berenergi. Penelitian di tahun sebelumnya dan dimuat dalam Journal of Affective Disorders juga menyebutkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi makanan tinggi asam folat memiliki risiko depresi yang lebih rendah.

2. Daging Kalkun

Mungkin daging kalkun tak terlalu terkenal di Indonesia. Akan tetapi, ketika Anda menemukannya di supermarket, tidak ada salahnya membeli dan mengolahnya. Mengapa? Ternyata, daging kalkun dipercaya mampu mengurangi dan menghilangkan stres bagi yang mengonsumsinya.

Kandungan dalam daging kalkun yang membuatnya dikenal sebagai makanan penghilang stres adalah adanya asam amino. Asam amino ini akan membantu tubuh dalam memproduksi serotonin dan hormon inilah yang mengatur rasa lapar dan rasa bahagia seseorang.

3. Oatmeal

Menu satu ini nampaknya tidak asing lagi, ya. Sering kali oatmeal dipilih sebagai menu sarapan yang praktis dan terkenal baik untuk jantung. Biasanya, oatmeal akan dicampur dengan madu atau buah-buahan. Kini, menu oatmeal sudah mulai dilirik sebagai menu makan cantik di berbagai kafe baru di kota-kota besar.

Ada manfaat apa di balik oatmeal selain menyehatkan jantung? Oh! Ternyata, oatmeal mengandung karbohidrat kompleks. Manfaat dari karbohidrat kompleks ini sendiri adalah membantu tubuh memproduksi hormon serotonin. Selain itu karbohidrat kompleks tidak memiliki dampak buruk seperti turut mendongkrak kadar gula darah secara drastis.

4. Salmon

Alternatif makanan penghilang stress berikutnya adalah ikan salmon. Ya, daging ikan salmon sendiri sudah dikenal sebagai sumber makanan yang mengandung berbagai zat gizi baik bagi tubuh. Kandungan asam omega 3 yang ada dalam salmon dikenal mampu berperan sebagai anti inflamasi dan membantu melawan efek buruk dari stres.

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, Oregon State University, menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi daging ikan salmon atau mendapatkan suplemen asam omega 3 cenderung lebih tidak gelisah sebanyak 20% dibandingkan mereka yang menggunakan placebo pills.

5. Blueberry

Bosan dengan alternatif makanan berat di atas? Coba deh konsumsi buah blueberry sebagai alternatif makanan untuk memerangi stres yang sedang dihadapi. Kandungan antioksidan dan fitonutrien yang ada dalam buah beri ternyata mampu membantu tubuhmu untuk merespon stres dengan melawannya yang memiliki hubungan dengan radikal bebas.

6. Dark Chocolate

Absolutely! Menu satu ini jangan sampai tertinggal deh dari daftar makanan pemerang stres. Dark Chocolate (biasanya dengan kandungan kakao 70% atau lebih) memiliki manfaat yang baik bagi tubuh yaitu mengatur tingkat stres. Dark Chocolate ini mampu mengurangi hormon stres dan tak terkecuali kortisol.

Dark Chocolate juga dikenal mengandung antioksidan yang mampu membuat rileks pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Inilah mengapa kamu yang sedang bersedih atau stres sangat disarankan untuk mengonsumsi Dark Chocolate.

7. Susu dan Yoghurt

Dua produk ini adalah minuman alternatif yang bisa kamu pilih ketika sedang merasa sangat tertekan. Memang, ada apa sih di balik susu dan yoghurt hingga membuatnya menjadi alternatif penghilang stres yang cukup ampuh?

Kandungan vitamin D dalam susu ternyata berfungsi sebagai pendongkrak hormon bahagia dalam tubuh. Mereka yang tercukupi kebutuhan vitamin D-nya memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami panic disorders. Sementara itu, yoghurt dipercaya mampu meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh yang memberikan efek tenang dan menurunkan tingkat stres.

Alternatif Lain yang Juga Sebagai Pengiring

7 makanan penghilang stres di atas adalah beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk menghilangkan stres. Akan tetapi, akan lebih baik ketika terapi ini disertai dengan aktivitas mendukung yang sama-sama bertujuan menurunkan hormon stres dan menaikkan hormon bahagia seperti dengan berolah raga, menonton film terbaru, atau sekadar berbincang dengan rekan-rekan.

Jika kita ingin mengatas namakan pekerjaan sebagai passion yang mana harus diperjuangkan apa pun risikonya, sama saja kita membiarkan tubuh kita tersiksa. Stres bukan hanya menyiksa secara psikis, loh, tetapi juga akan berdampak secara fisik. Masih mau mengorbankan diri demi passion yang justru menimbulkan stres?

  • 7 makanan penghilang stress
  • kalkun yg stres
  • makanan alami serotonin blocker
  • Makanan penghilang stres yang bisa dibeli di toko terdekat
  • menghilangkan kalkun yang stres

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah