6 Cara Menurunkan Panas Anak Dengan Mudah Tanpa Perlu Ke Dokter


Saat ini banyak sekali solusi untuk menurunkan panas pada anak. Jika Anda pergi menemui dokter maka bahkan tanpa berfikir panjang, para dokter tersebut akan menuliskan sejumlah resep yang harus ditebus. Bahkan tanpa menemui dokter pun, Anda sudah bisa mendapatkan obat dengan mudah di apotik. Hanya saja, setiap orang tua pasti paham bahwa seberapa ampuhnya obat-obatan tersebut tetap akan memberikan efek samping oleh karena itu mengetahui beberapa cara menurunkan panas anak secara alami sangatlah penting.

Pentingnya Mengetahui Cara Penanganan Awal Ketika Anak Demam

Adapun keuntungannya bagi setiap orang tua yang memiliki pengetahuan untuk melakukan pertolongan pertama saat anak demam adalah:

  • Tidak mudah panik. Orang tua yang tahu apa yang harus dilakukan tidak akan gampang panik sehingga dapat mengatasi kondisi dengan lebih baik.
  • Pengetahuan dasar tentang penggunaan bahan-bahan yang bisa ditemukan dengan mudah di rumah juga dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan ketika menemui dokter.
  • Selain itu perawatan yang dilakukan di rumah justru dapat mempercepat proses pemulihan pada anak dibandingkan ketika harus dirawat di rumah sakit padahal demannya tidak terlalu tinggi.

Cara Menurunkan Panas Anak

Yang perlu diperhatikan adalah jikalau panas masih juga belum turun, maka tindakan selanjutnya adalah membawa anak ke dokter. Namun jika panas anak tidak terlalu tinggi berikut adalah beberapa informasi tentang bagaimana cara menurunkan panas anak secara alami yang setiap orang tua harus tahu.

1. Mandikan Anak dengan Air Hangat

Kebanyakan orang tua pasti pernah dengar perintah bahwa jangan memandikan anak saat demam. Pengetahuan ini sepertinya sudah diturunkan dari jaman dahulu kala sehingga banyak orang tua yang takut memandikan anak mereka saat demam. Sebenarnya, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar karena memandikan anak dengan air hangat justru dapat membantu meredakan panas pada anak.

Jika anda masih agak takut untuk memandikan anak, cukup menyeka badan anak menggunakan waslap saja di seluruh tubuhnya dengan menggunakan air hangat. Yang tidak boleh adalah memandikan anak dengan air dingin karena justru dapat mengacaukan suhu tubuh anak yang sedang tinggi.

2. Pijat

Pijat juga bisa dilakukan untuk membantu menurunkan panas pada anak, apalagi dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang tidak hanya dapat membantu anak menjadi lebih baik namun juga lebih tenang. Pijat anak dengan menggunakan minyak kelapa dicampur cacahan bawang merah. Bawang merah mengandung minyak atsiri beserta kandungan lainnya yang terbukti efektif membantu menurunkan panas pada anak.

Selain itu pijatan yang lembut dapat membantu menenangkan anak sehingga dia akan lebih mudah tertidur. Anak yang sedang demam memerlukan waktu tidur dan istirahat yang lebih panjang dari biasanya. Selain itu bawang merah juga membantu mencegah bakteri yang dapat memperburuk kondisi.

3. Kompres

Tentu saja setiap orang tahu bahwa mengompres adalah salah satu cara untuk menurunkan panas pada anak. Namun jangan mengompres anak dengan air dingin melainkan dengan air hangat karena air hangat dapat membantu menyeimbangkan panas tubuh sehingga segera kembali normal. Pengetahuan selama ini adalah mengompres dengan es atau air dingin yang ternyata sangat salah.

4. Beri Anak Cukup Minum

Yang paling berbahaya saat anak demam justru adalah ketika anak mengalami dehidrasi. Beri anak cukup minum karena dengan minum tubuh akan semakin sering mengeluarkan cairan lewat buang air kecil ataupun keringat, dengan begitu panas dapat segera dikendalikan. Atau bisa juga memberikan anak jus buah karena buah-buahan kaya akan vitamin C yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Selain itu memberikan anak air kelapa muda juga sangat direkomendasikan karena air kelapa muda mengandung elektrolit alami yang baik untuk tubuh sehingga cairan yang terbuang lewat keringat dapat segera digantikan.

5. Makanan Pedas

Beri anak makanan pedas juga membantu menurunkan panas karena merangsang anak semakin sering berkeringat, selain itu juga dapat melancarkan peredaran darah. Jika anak tidak suka makanan pedas, berilah sup panas dengan lada sedikit lebih banyak walaupun jangan terlalu banyak karena justru dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan kemudian campur dengan sayur-sayuran ataupun makanan kesukaannya seperti seafood kesukaan atau suiran ayam dan daging sapi.

6. Cukup Tidur dan Istirahat

Memastikan anak tidak terganggu saat sakit sehingga memiliki banyak waktu istirahat sangatlah penting karena dapat membantu mempercepat proses pemulihan anak saat demam. Memang betul, jika anak demam, mereka akan gampang gelisah dan sulit untuk tidur. Putarkan lagu favoritnya atau film kesukaannya akan dapat membantunya anak cepat mengantuk dan akhirnya tertidur. Peran serta orang tua juga penting karena keberadaan orang tua dapat membuat anak menjadi lebih tenang.

Jika keenam langkah diatas sudah dilakukan namun panas anak masih juga belum turun maka sebaiknya segera periksakann anak ke dokter segera karena saat ini banyak sekali penyakit-penyakit berbahaya yang menyerang anak-anak yang memiliki gejala awal panas tinggi. Sebagai orang tua juga wajib untuk mencari tahu lebih banyak tentang perkembangan dunia medis saat ini dan kenali gejala-gejala penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menyerang anak dengan lebih baik.

Tapi sebagai langkah awal jika anak demam keenam cara menurunkan panas anak secara alami di atas sangat patut untuk dicoba. Setidaknya Anda tidak perlu membawa anak Anda kerumah sakit karena merawat anak di rumah justru jauh lebih baik karena selain dapat memudahkan Anda, anak juga akan lebih tenang sehingga proses pemulihan bisa lebih cepat.

  • cara menurunkan panas anak
  • cara menurunkan panas pada anak
  • cara menurunkan demam pada anak

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat