7 Cara Mengatasi Susah BAB Dengan Mudah Dan Cepat 100% Alami


Masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, atau susah BAB biasanya jarang dijadikan topik pembicaraan. Padahal menurut dokter, pencernaan yang tidak sehat lama kelamaan akan membuat bagian tubuh lainnya menjadi sakit dan tidak bekerja normal. Nah, salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah susah BAB atau biasa yang disebut dengan konstipasi. c

Sebelum kita membahas cara mengatasi susah BAB, anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Susah BAB

Pada tubuh orang yang sehat, kotoran yang ada di dalam usus akan keluar dengan dengan mudah dan padat. Orang yang menderita susah BAB ini bisa dikarenakan tubuh yang tidak bekerja dengan normal, atau ada masalah pada pencernaannya. Kira-kira, bagaimana cara mengatasi susah BAB ini dengan cepat dan mudah yah?

1. Mengkonsumsi Minyak Olive

Bukan, mengkonsumsi minyak disini bukan berarti minyak untuk menggoreng. Yang dimaksud adalah mengkonsumsi extra virgin olive oil. Minyak olive ini sudah terkenal mempunyai banyak sekali manfaatnya bagi tubuh manusia, yang salah satunya adalah dapat mengatasi susah BAB. Pada zaman dulu, para orang tua sering memberikan minyak olive mentah pada anak-anaknya yang menderita susah BAB.

Alasan mengapa minyak olive ini efektif mengatasi susah BAB ini adalah, minyak olive dapat menstimulasi sistem pencernaan. Usus besar menjadi terstimulasi, dan secara aktif menggerakan kotoran-kotoran yang ada di dalamnya. Jika anda berniat menggunakan minyak olive ini, yang anda butuhkan hanyalah 1 sdm minyak olive, dan 1 sdm air perasan lemon. Minum larutan ini langsung setelah anda bangun tidur, dan rasa susah BAB anda akan teratasi.

2. Stimulasi Wewangian

Salah satu cara untuk mengatasi susah BAB adalah dengan menggunakan wewangian yang dapat menstimulasi pencernaan. Wangi lemon segar biasa digunakan orang dahulu untuk mengatasi susah BAB ini, yang setelah diteliti memang ampuh. Kandungan citric acid pada air lemon bisa digunakan untuk menstimulasi sistem pencernaan, mengeluarkan racun pada usus, dan melindungi usus besar.

Anda bisa menstimulasi usus dengan cara membuat campuran air lemon dengan air hangat secukupnya. Kemudian, hirup dalam-dalam wangi segar dari buah lemon ini, lalu minum hingga habis. Kandungan air lemon ini akan membantu melancarkan usus anda, dan air hangat dapat membuat anda tetap terhidrasi.

3. Minum Kopi

Semua orang tahu bahwa minuman kopi ini dapat membuat anda ‘lancar’ pergi ke toilet. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi yang dapat menstimulasi sistem pencernaan secara alami. Namun perlu diperhatikan, mengkonsumsi kopi tidaklah boleh berlebihan karena sifatnya yang diuretic. Artinya, jika anda mengkonsumsi terlalu banyak kopi tubuh anda akan sering mengluarkan cairan dan akhirnya dehidrasi. Tubuh yang berada dalam kondisi dehidrasi pun malah akan membuat konstipasi semakin parah.

4. Makanan Berserat

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi susah BAB adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Serat bukan saja akan mengatasi masalah susah BAB ini, tapi juga akan membuat tubuh dan pencernaan lebih sehat. Material dari serat ini akan membuat kotoran yang ada pada usus besar menjadi lunak, dan mudah untuk dikeluarkan.

Kandungan serat yang sehat ini biasanya terdapat pada makanan alami seperti gandum, kacang polong, brokoli dan kentang. Hasil yang lebih maksimal juga bisa anda dapatkan jika dibarengi dengan banyak meminum air putih.

5. Gunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan dapur yang mudah didapat, namun memiliki segudang manfaat. Kandungan yang ada dalam baking soda bersifat bicarbonate, dimana kandungan ini akan memaksa udara yang ada di dalam perut untuk keluar. Biasanya, udara yang ada pada saluran pencernaan akan menekan perut dan membuat nya sakit.

Untuk membuat larutan baking soda ini, yang anda perlukan adalah 1 sendok teh baking soda yang dicampurkan dengan ¼ cup air hangat. Campurkan baking soda pada air  hangat, dan aduk-aduk hingga tercampur rata. Kemudian, minum hingga habis untuk mendapatkan efek yang maksimal.

6. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan bakteri baik yang bisa dengan cepat membuat pencernaan anda lancar dan sehat. Bakteri ini akan membantu proses pengeluaran kotoran yang ada pada usus kecil dan usus besar, dan membuatnya mudah dikeluarkan oleh tubuh. Dengan menikmati satu cup yoghurt pada saat sarapan, usus anda akan terjaga dan masalah susah BAB pun akan teratasi.

7. Buah Prem

Buah prem sudah digunakan oleh orang-orang zaman dulu untuk mengatasi susah BAB. Bisa dibilang, salah satu obat paling tradisional untuk mengatasi susah BAB adalah buah prem. Hal ini disebabkan karena buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi, dan juga mengandung sorbitol. Sorbitol ini akan melunakan kotoran yang menghambat di usus besar, sehingga membuatnya lunak dan mudah dikeluarkan oleh tubuh.

Buah prem ini biasanya dibuat menjadi jus. Selain rasanya menjadi lebih enak, kandungannya pun akan lebih cepat diserap oleh tubuh. Tapi anda juga perlu hati-hati. Terlalu banyak mengkonsumsi sorbitol akan membuat tubuh memproduksi gas yang berlebih yang tidak baik untuk kesehatan.

Gangguan susah BAB memang akan sangat menggangu aktifitas sehari-hari. Penyebab gangguan ini biasanya karena tubuh dalam kondisi tidak sehat, pencernaan terganggu, dan kurang mengkonsumsi serat. Jenis makanan yang mengandung serat seperti kacang polong, buah prem, yoghurt, dan gandum akan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, bahan-bahan lain seperti minyak olive, buah lemon dan baking soda dapat menstimulasi sistem pencernaan agar mudah mengeluarkan kotoran yang ada di dalam usus besar.

Demikian 7 cara mengatasi susah bab dengan mudah dan cepat. Bahan-bahan diatas mudah didapatkan, dan mudah pula dibuatnya. Namun jika rasa susah BAB ini dibarengi dengan gejala-gejala lain seperti demam tinggi hingga tidak nafsu makan, segera cek ke dokter yah!

  • cara mengatasi susah BAB
  • melancarkan bab dengan baking soda
  • obat keluarkan bab yang tersumbat cepat

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah