8 Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Aman Dan 100% Alami


Penumpukan asam pada lambung dapat menyebabkan sensasi terbakar yang tidak nyaman. Selain itu, gangguan pencernaan juga terjadi akibat peningkatan asam lambung, yang dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung sehingga dalam jangka waktu panjang menyebabkan penyakit maag.

Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Aman

Penumpukan asam lambung dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk keturunan, asam alami yang memang diprduksi berlebihan. Namun jangan khawatir, karena terdapat berbagai makanan yang dapat sebagai cara mengatasi asam lambung, yakni sebagai berikut :

1. Susu

Asam lambung dapat diobati dengan antasid yang dapat menetralkan asam pada lambung. Antasid kebanyakan terdiri dari kalsium sebagai bahan utamanya. Kalsium adalah mineral alkalin yang dapat secara langsung bereaksi dengan asam lambung untuk menetralkannya. Secara alami, kalsium sangat banyak terkandung dalam susu sapi, sehingga membuatnya menjadi salah satu minuman yang sangat tepat dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung yang menumpuk.

Saat bagian perut atas mulai terasa perih karena peningkatan asam lambung, cobalah untuk meminum satu gelas susu. Selain menetralkan asam pada lambung, susu juga dapat mempengaruhi derajat keasaman seluruh tubuh dan menetralkan asam yang terdapat di luar lambung.

2. Teh Chamomile

Teh herbal yang satu ini digadang-gadang menjadi minuman terbaik untuk mengatasi asam lambung secara alami. Kandungan di dalamnya bekerja dengan cara mengontrol produksi asam lambung sehingga jumlahnya berkurang di dalam perut.

Cara terbaik untuk meminum teh chamomile adalah dengan menyesapnya sedikit demi sedikit setelah agak dingin. Meminum saat teh masih terlalu panas dapat berbahaya karena bukannya mengatasi asam lambung, yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu asam terstimulasi untuk diproduksi lebih banyak. Jadi, pastikan Anda meminumnya saat sudah hangat suam-suam kuku.

3. Jahe

Jahe kaya akan berbagai zat kimia dan antioksidan yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi asam lambung. Salah satu kandungan yang dimiliki jahe juga dapat bermanfaat sebagai antasid, yaitu penetral asam lambung seperti halnya pada obat maag.

Penggunaan jahe pun sangat beragam, dari mulai diseduh langsung, diparut dan digabungkan bersama masakan, dicampurkan dengan teh, dalam bentuk kapsul, dan sebagainya.

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sekitar 4 gram jahe sudah sangat cukup untuk mengatasi masalah asam lambung Anda. Lebih banyak dari itu bukannya sembuh malah dapat menambah jumlah asam pada lambung.

4. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Lidah buaya sangat kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat berguna untuk mengatasi asam lambung. Selain itu, manfaatnya dalam tubuh masih banyak lagi, seperti mendetoksifikasi racun dalam tubuh serta membantu mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

Lidah buaya juga memiliki manfaat yang lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan secara medis dalam menangani asam lambung.

Olahan lidah buaya bermacam-macam pula, Anda dapat menjadikannya campuran pembuat agar-agar, atau diminum langsung dengan mencampurkannya dengan sirup atau buah-buahan lainnya. Memakan langsung pun dapat dilakukan, namun Anda harus tahan dengan aromanya yang kurang sedap.

5. Pisang

Pisang adalah cemilan sehat yang juga bermanfaat untuk mengatasi asam lambung. Rata-rata pisang memiliki pH hampir netral, yaitu sekitar 5,6 yang dapat membantu menstabilkan kadar keasaman dalam lambung.

Pisang berperan sebagai antasid alami yang mengurangi kadar asam dalam lambung, serta melapisi dinding lambung sehingga menjadi lebih tebal dan tidak mudah meradang akibat asam lambung.

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang juga berperan sebagai alkali yang dapat menetralkan keasaman. Protease dalam pisang dapat mematikan sejumlah bakteri berbahaya pada lambung.

Olahan pisang pun tidak dapat dipungkiri sangat banyak. Selain dimakan langsung, dijadikan isian roti bakar, digoreng, dan dibuat smoothies, tentunya dapat memenuhi berbagai cara makan yang disukai orang-orang.

6. Oatmeal

Oatmeal pun sangat baik dalam mengatasi asam lambung. Oatmeal kaya akan thiamine dan niacin, serta vitamin B6, asam folat dan riboflavin. Kandungan di dalamnya tersebut dapat menetralkan keasaman lambung, serta mengurangi rasa nyeri dan gejala-gejala asam lambung.

Oatmeal juga kaya akan zat selenium, salah satu antioksidan yang dapat melapisi permukaan dinding lambung. Oatmeal bebas dari lemak, serta kaya akan serat yang dapat mengosongkan lambung secara cepat, serta menyerap keasaman dari berbagai macam makanan lainnya.

Oatmeal dapat dimakan bersama dengan susu kental manis, dicampurkan dengan potongan pisang, melon, jahe parut, atau kismis.

7. Melon

Melon memiliki kadar keasaman 6,1, yang membuatnya menjadi basa yang dapat menetralkan asam di dalam lambung. Melon juga merupakan sumber zat magnesium yang sangat kaya, dimana magnesium juga termasuk salah satu bahan penting dalam obat-obatan untuk mengatasi asam lambung.

Jika Anda merasa asam lambung naik setelah selesai makan atau selama makan, maka ambillah 4-6 potongan buah melon kemudian konsumsilah hingga Anda merasa asam lambung menghilang.

Beberapa jenis melon yang sangat baik untuk mengobati asam lambung antara lain melon cantaloupe dan honeydew, karena kandungan asamnya yang rendah serta kandungan airnya yang tinggi. Makanlah melon secara perlahan sehingga proses penetralan asam pun berlangsung lebih baik.

8. Pepaya

Cara mengatasi asam lambung dengan pepaya. Buah pepaya mengandung zat papain yang dapat membantu lambung untuk mencerna protein. Selain itu di dalam buah pepaya terdapat kandungan zat kimia yang dapat berperan sebagai zat anti peradangan dan juga sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Buah pepaya dapat dimakan secara langsung untuk mengatasi asam lambung. Usahakan Anda memilih pepaya yang matang, dan tidak memakannya bersama sambal rujak atau dengan perasan lemon yang dapat menambah asam lambung.

Penumpukan asam pada lambung dapat menyebabkan sensasi terbakar yang tidak nyaman. Selain itu, gangguan pencernaan juga terjadi akibat peningkatan asam lambung, yang dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung sehingga dalam jangka waktu panjang menyebabkan penyakit maag. Terdapat berbagai makanan alami yang dapat membantu Anda mengatasi asam lambung, seperti susu, teh chamomile, jahe, aloe vera, psang, oatmeal, melon, dan pepaya.  Sehat secara alami, mengapa tidak?

  • caramengatasiasamlambung
  • 8cara mengobati asam lambung
  • cara mengosongkan lambung

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat