8 Cara Mengatasi Insomnia, Dijamin Langsung Mudah Tidur


Insomnia memang terkadang mengganggu. Disaat orang normal sudah tertidur pulas, Anda masih berbaring tanpa rasa mengantuk sekalipun hari sudah berganti dan hampir pagi. Keesokan harinya, para penderita insomnia juga kesulitan berkonsentrasi dan fokus karena waktu tidur yang kurang.t

Insomynia harus secepatnya diatasi dengan mengobatinya. Anda bisa saja memilih pengobatan medis, namun ternyata ada juga pengobatan secara alami yang lebih natural serta aman bagi tubuh tanpa efek samping.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Insomnia tentu mengganggu baik secara psikis maupun kesehatan. Ingin tahu apa saja bahan-bahan di rumah yang dapat mengatasi insomnia? Seperti dengan cara mengonsumsi jus buah cherry, mengonsumsi pisang, mengatur letak tempat tidur, minum teh chamomile, minum susu hangat, konsumsi karbohidrat sebelum tidur, penggunaan aromaterapi, dan menjauhkan segala distraksi dari tempat tidur. Mari kita simak cara mengatasi insomnia berikut.

1. Jus Buah Cherry

Setengah gelas atau satu cangkir jus buah cherry (tart cherry juice) dapat menghilangkan insomnia secara alami.Buah cherry sangat kaya akan tryptophan, yang merupakan asam amino esensial yang dapat mengkonversi serotonin menjadi melatonin.

Melatonin dapat membantu seseorang tidur lebih cepat serta memiliki siklus tidur teratur, dengan cara menurunkan temperatur tubuh, serta bekerja pada sistem saraf pusat yang mengatur jam biologis manusia. Produksi melatonin akan meningkat dengan semakin berkurangnya cahaya. Pembuatan jus buah cherry ini pun sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hilangkan biji buah cherry, masukkan segenggam buah cherry ke dalam wajan.
  • Tambahkan gula sesuai selera. Anda bisa juga mengganti gula dengan madu.
  • Tutup wajan dengan penutup, diamkan pada temperatur ruang hingga 2 jam. Jangan nyalakan api dulu, buah cherry perlu menyerap gula.
  • Tambahkan setengah gelas air atau hingga seluruh buah cherry terendam
  • Didihkan selama kira-kira 15 menit
  • Saring buah cherry untuk diminum cairannya. Sisa daging buah dapat dijadikan selai.

2. Atur Ruang Tidur Sedemikian Rupa

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, ternyata diperlukan pengaturan letak kasur yang dapat membuat tidur lebih nyaman. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Jaga agar tempat tidur mudah diakses dari segala sisi di ruangan tidur.
  • Jaga agar udara di kamar tetap segar dan bebas dari pengap. Jika ada jendela, buka jendela di siang hari sehingga sinar matahari dan udara segar memenuhi ruangan di siang hari, untuk kemudian bertahan di malam harinya.
  • Coba untuk mengatur tempat tidur agar menghadap pintu. Sebuah studi menunjukkan bahwa jika Anda tidak dapat melihat pintu, rasa cemas dapat meningkat sehingga tidur pun menjadi sulit.

3. Konsumsi Pisang

Mengonsumsi pisang dapat memberikan efek menenangkan sekaligus menambah energi. Pisang mengandung trytophan, kalium, dan magnesium, seperti halnya pula pada buah cherry yang dapat membantu mengatasi insomnia.  Makanlah sebuah pisang setengah jam sebelum jam tidur Anda, sehingga kadar magnesium di dalam tubuh meningkat yang secara bersamaan dapat membuat otot menjadi lebih relaks.

4. Minum Teh Chamomile

Teh chamomile telah terbukti ratusan tahun dapat membantu orang yang insomnia untuk lebih cepat tertidur. Kandungan di dalamnya dapat membuat otot lebih relaks sehingga rasa mengantuk lebih mudah muncul.  Di dalam teh chamomile juga terkandung zat apigenin, yang dapat berkombinasi dengan reseptor GABA sehingga mempengaruhi sistem saraf pusat dan menyebabkan rasa mengantuk.

Anda bisa saja membeli teh chamomile instan yang ada di supermarket, namun membuatnya sendiri akan memberikan hasil teh yang lebih segar dan lebih ampuh pula. Begini cara membuatnya:

  • Ambil beberapa helai bunga chamomile, potong dari batangnya sehingga tersisa mahkota bunga saja.
  • Letakkan bunga chamomile di teko, kemudian campurkan dengan 4 cangkir air. Didihan.
  • Tambahkan sedikit madu dan susu untuk memberikan rasa sesuai selera.
  • Tambahkan irisan lemon.
  • Teh chamomile segar siap disantap sebelum tidur.

5. Konsumsi Karbohidrat Sebelum Tidur

Hal ini mungkin terdengar negatif, namun dengan mengonsumsi karbohidrat 15 menit sebelum tidur, akan meningkatkan rasa mengantuk dan membuat insomnia Anda menghilang. Hal ini dikarenakan zat triptophan, yang diperlukan untuk membuat seseorang mengantuk, harus melewati rintangan pada pembuluh darah di otak. Memakan karbohidrat telah diteliti sebagai salah satu cara agar triptophan lebih mudah untuk melewat rintangan tersebut, dengan membantunya berkompetisi dengan asam imuno lainnya.

Berbagai pilihan karbohidrat dapat Anda pilih sesuai selera seperti roti dan sereal misalnya. Namun berhati-hatilah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya karena dapat menyebabkan obesitas pula.

6. Minum Susu Sebelum Tidur

Di dalam susu sapi terdapat asam amino trytophan yang dapat membantu proses ingin tidur lebih cepat. Banyak orang pula secara psikologis merasakan efek yang menenangkan dari segelas susu hangat sebelum tidur yang dapat membantu merelaksasi tubuh secara fisik dan mental.

Oleh karena itu,sekitar setengah jam sebelum waktu tidur Anda, cobalah mematikan seluruh peralatan elektronik,  serta minumlah segelas susu hangat untuk menutup hari Anda yang lelah. Beberapa saat kemudian, rasa kantuk pun mulai datang dan Anda terbebas dari insomnia.

7. Membuat Sachet Lavender

Hal lainnya yang dapat membantu Anda mengatasi insomnia adalah dengan adanya harum aromaterapi di kamar tidur. Anda bisa saja membuat sachet dari potongan bunga lavender yang sudah dikeringkan. Kemudian sachet ini diletakkan di bawah bantal tempat Anda tidur.

Orang-orang yang telah mencoba cara ini terbukti dapat memiliki mood yang lebih baik di saat waktu tidur tiba. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa aromaterapi yang diberiikan lavender dapat menenangkan pikiran serta membuat Anda lebih cepat mengantuk.

8. Tempat Tidur Hanya Untuk Tidur

Jika Anda terbiasa untuk melakukan berbagai aktivitas di tempat tidur dari mulai makan, mengecek email di laptop, membaca buku, dan hal lainnya, ada baiknya untuk mulai menghentikan hal ini. Cobalah jadikan ranjang hanya sebagai tempat tidur. Hindari menaruh berbagai macam barang yan dapat mendistraksi Anda sehingga Anda tidur di waktu yang terlalu larut.

Demikian tips dan cara mengatasi insomnia yang patut Anda coba. Sudah siap, bukan, memiliki jam tidur teratur dan aktivitas yang teratur pula? Selamat mencoba.

  • cara agar mudah tidur disaat insomnia
  • dijamin langsun minum susu
  • makan buah cherry mudah tertidur

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah