Cara Cepat Hamil Setelah Haid, Bisakah? Cek faktanya disini!


Banyak mitos yang beredar bahwa cara cepat hamil adalah melakukan hubungan intim 1-2 hari setelah menstruasi selesai. Mitos ini berdasarkan logika bahwa rahim menjadi ‘bersih’ setelah mensturasi selesai, karena darah-darah kotor sudah dikeluarkan semuanya. Benarkah? Ada berbagai fakta mengenai siklus haid dan kehamilan yang harus diketahui oleh setiap wanita yang sedang mencari cara cepat hamil setelah haid. Mengenali apa yang terjadi pada tubuh wanita pada tiap tahapan siklus haid akan membantu mengenali waktu terbaik untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Sebenarnya, cara cepat hamil yang paling efektif adalah dengan melihat dan memantau jadwal fertilitas wanita hingga pada saat ovulasi, yaitu pada saat tubuh memproduksi sel telur. Wanita biasanya memiliki jadwal fertilitas selama 5 hingga 6 hari hingga akhirnya sel telur terbentuk dalam tubuh.

Sel telur ini bisa bertahan satu hari semenjak dilepaskan oleh tubuh, kontras dengan sel sperma yang bisa bertahan hingga satu minggu. Karena itu, akan ada jeda waktu satu minggu untuk sperma bertemu dengan sel telur dan menciptakan calon janin.

Hari Subur Dalam Siklus Menstruasi

Hari-hari subur dalam siklus mestruasi biasanya sudah pasti akan datang pada masa ovulasi. Namun, hari subur ini bisa juga datang tepat pada saat masa menstruasi selesai. Menurut penelitian dari New England Journal of Medicine, wanita memiliki 5 hari subur sebelum ovulasi yang memungkinan terjadinya kehamilan. Hal ini berarti ada 6 hari subur yang dimiliki wanita pada saat siklus menstruasi dimulai.

Untuk anda yang mencari cara cepat hamil setelah menstruasi, anda dan pasangan bisa mencoba berhubungan intim selama waktu 5 hari sebelum ovulasi dimulai. Sperma yang ada di dalam tubuh dapat bertahan selama 3 hingga 7 hari dalam tubuh untuk membuahi sel telur. Tidak jarang, ada wanita yang langsung berhasil hamil pada saat ovulasi dimulai.

Cara Mengetahui Hari Subur

Hari subur pada wanita tidak datang begitu saja, anda bisa melacaknya dengan melihat siklus menstruasi. Hari subur ini akan meningkatkan kemungkinan anda untuk hamil, jika anda berhubungan intimual dengan pasangan anda. Untuk mengetahui apakah anda subur atau tidak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, namun semuanya harus melihat  dari siklus menstruasi anda.

1. Jika siklus menstruasi anda sekitar 28 hari, maka :

  • Kemungkinan besar anda akan berovulasi pada hari ke-14 (meskipun bisa terjadi satu hari sebelum atau sesudahnya), dan hari subur anda akan jatuh pada hari ke-6 hingga hari ke-14
  • Jika cairan mens anda keluar rata-rata selama 5 hari, anda bisa mulai berhubungan intimual 4 hari setelah cairan mens berhenti mengalir. Pada hari ini, kemungkinan anda untuk hamil meningkat dengan signifikan.
  • Namun jika cairan mens anda keluar selama 10 hari, maka anda hanya mempunyai waktu untuk berhubungan intimual pada hari ke-11 hingga hari ke-14 masa subur.

Untuk amannya, anda bisa mengestimasi hari ovulasi anda dengan toleransi 1 hingga 2 hari. Karena itu, jika anda ingin cepat hamil, anda bisa melakukan hubungan intimual tanpa proteksi pada hari-hari ini.

2. Jika siklus menstruasi anda kurang dari 28 hari, maka :

Jika siklus menstruasi anda kurang dari 28 hari, maka hari subur anda akan dimulai sebelum hari ke-9 siklus dimulai. Contohnya, jika siklus menstruasi anda berjumlah 24 hari, maka :

  • Anda akan berovulasi pada hari ke-10, dan hari subur anda akan dimulai pada hari ke-5 hingga hari ke-10 (dengan total 6 hari)
  • Jika cairan mens keluar selama 5 hari, maka anda memiliki hari ‘aman’ selama 10 hari, mulai dari hari ke-6 hingga hari ke-14.
  • Jika cairan mens keluar selama 10 hari, maka hari ‘aman’ ini akan berkurang selama 5 hari yaitu pada hari ke-11 hingga hari ke-15.

3. Jika siklus menstruasi lebih dari 28 hari, maka :

Jika siklus menstruasi anda lebih dari 28 hari, maka hari subur anda akan dimulai setelah hari ke-9. Hal ini menyebabkan hanya akan ada sedikit waktu untuk anda hamil. Apabila kita mengambil contoh siklus menstruasi yang berlangsung selama 34 hari, maka :

  • Anda tidak akan berovulasi hingga hari ke-20, dan hari subur anda akan datang pada hari ke-15 hingga hari ke-20 (dengan total 6 hari subur)
  • Jika cairan mens anda keluar selama 5 hari, maka hari ‘aman’ akan berjumlah 10 hari, mulai dari hari ke-6 hingga hari ke-14.
  • Sedangkan jika cairan mens anda keluar selama 10 hari atau lebih, maka hari aman ini akan berkurang selama 5 hari, yaitu mulai dari hari ke-11 hingga hari ke-15.

4. Jika siklus menstruasi tidak normal, maka :

Apabila siklus menstruasi yang anda miliki tidak normal alias tidak bisa diprediksi, maka hari subur anda akan bervariasi. Pada kasus ini, anda bisa melihat tanda-tanda subur pada tubuh anda dengan beberapa cara seperti mengecek temperatur pada alat kelamin dan produksi lendir cervix. Hal-hal ini dapat mengestimasi kapan kemungkinan tubuh anda berovulasi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hari subur yang dapat meningkatkan kemungkinan anda untuk hamil biasanya terjadi 5 hari sebelum dan sesudah proses ovulasi dimulai. Karena siklus menstruasi anda tidak normal, biasakan untuk mencatat informasi ini untuk memprediksi hari keberapa saja anda bisa hamil, dan hari ke berapa saja yang ‘aman’ untuk anda.

Mengetahui Hari Subur Sangat Membantu

Apabila anda mencoba serius untuk hamil, mengetahui kapan anda berada dalam kondisi paling subur setelah mens selesai akan sangat membantu anda. Pada kondisi ini, tubuh akan bekerja maksimal dalam membuat memproduksi janin.

Namun perlu diketahui juga bahwa setiap tubuh seseorang akan berbeda dari tubuh lainnya. Yang anda bisa lakukan adalah memprediksi kapan tubuh anda berovulasi dan menjadi subur, walaupun kadang tidak selalu tepat.

Bagaimana? Sudah jelas kan fakta kehamilan dan siklus haid? Perlu di perhatikan, setiap tubuh orang berbeda-beda, dan mungkin saja gejala yang terjadi pada tubuhnya berbeda pula. Karena itu, apabila anda ingin mendapatkan hasil yang pasti, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter yah!

  • contoh mungkinkah hamil setelah haid
  • cara cepat hamil
  • cara cepat hamil setelah haid

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat