11 Makanan Sehat Yang Mengandung Asam Folat Tinggi


Salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh adalah asam folat atau yang biasa dikenal sebagai vitamin B9.  Asam folat memiliki fungsi penting bagi tubuh yaitu salah satunya berperan di dalam pembentukan sel darah merah. Untuk menjalankan fungsi tersebut, asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12. Kekurangan asupan asam folat mempunyai dampak kurang baik bagi fungsi tersebut. Jika pembentukan sel darah merah terganggu maka bisa terjadi anemia atau kekurangan darah.

Selain itu, asam folat juga berguna dalam fungsi saraf yaitu untuk pembentukan DNA dan RNA, berperan dalam menjaga kesehatan otak dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Untuk itu disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat

1. Sereal

Salah satu jenis makanan yang mengandung asam folat adalah sereal. Seperti telah diketahui bahwa sereal terbuat dari biji-bijian. Biji-bijian yang menjadi salah satu komposisi dari sereal mengandung asam folat. Selain sereal, roti yang terbuat dari biji gandum juga bisa menjadi satu alternatif untuk menambah asupan asam folat.

2. Telur

 Telur merupakan pilihan mudah dan praktis untuk sarapan, atau ketika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Cukup dengan menggoreng telur dengan minyak zaitun yang rendah lemak sehingga tidak akan mengganggu program berat badan ideal.

Telur mengandung protein dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Di samping itu, telur merupakan bahan makanan yang membantu menambah kebutuhan asupan asam folat Anda.

3. Brokoli

 Nama brokoli sudah tidak asing lagi sebagai sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam satu sajian brokoli yaitu sekitar setengah cangkir brokoli memberi Anda 52 mikrogram asam folat. Sajikan brokoli sebagai salah satu pilihan makanan sehat bagi keluarga Anda. Brokoli bisa disajikan dengan direbus atau ditumis dengan menggunakan minyak rendah lemak.

4. Asparagus

 Bahan makanan yang sering diolah menjadi sup ini baik bagi Anda dan keluarga. Seperti sayuran dan buah yang memiliki kadar kalori yang rendah, demikian pula asparagus. Karena kadar kalorinya yang rendah, asparagus tidak akan mengganggu program diet Anda. Empat batang asparagus memberikan asupan 89 mcg asam folat. Selain itu, asparagus memberikan nutrisi lain seperti kalsium yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi serta bermanfaat dalam proses pembekuan darah.

5. Alpukat

 Banyak orang yang menyukai buah alpukat karena rasanya yang nikmat, apalagi jika disajikan dalam segelas jus atau semangkuk sop buah. Selain rasanya yang nikmat, alpukat juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah kandungan asam folat dari buah tersebut yang sekitar 162.8 mcg dalam satu buah alpukat. Alpukat juga mengandung vitamin C yang baik bagi kulit dan mulut serta antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

6. Pisang

 Buah berwarna kuning dan memiliki rasa manis tersebut seringkali dijadikan sajian selepas waktu makan. Tahukah Anda bahwa dalam satu buah pisang berukuran sedang terdapat kandungan asam folat sebanyak 23.6 mcg. Anda juga bisa mendapat manfaat dari serat dan protein dengan mengonsumsi buah pisang.

7. Wortel

 Wortel sering digunakan sebagai bahan sup atau juga wortel jenis tertentu yang sering dibuat menjadi jus. Wortel adalah satu jenis sayuran yang menjadi sumber nutrisi asam folat. Selain folat, wortel juga sangat diandalkan untuk mendapatkan vitamin A yang baik bagi mata.

Bersama sayuran lain seperti bayam atau kacang panjang yang telah direbus, kita bisa menikmati makanan sehat secara nikmat dengan menambahkan sambal kacang atau parutan kelapa yang telah diberi bumbu.

8. Biji bunga matahari

 Kita sering mengenali biji bunga matahari dalam bentuk kuaci yang menjadi snack yang gurih dan banyak disukai. Biji bunga matahari ternyata juga adalah salah satu sumber asam folat yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 1 ons biji bunga matahari mengandung 66.6 mcg asam lemak. Vitamin E yang terkandung pada biji bunga matahari juga bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit Anda.

9. Kacang tanah

Kacang tanah sering diolah untuk menjadi makanan yang lezat dengan penambahan beberapa bahan dan komposisi lain, seperti bumbu kacang untuk menyedapkan masakan seperti pecel. Selain itu, kacang tanah sering dibuat menjadi selai sebagai pelengkap roti tawar.

Kacang tanah juga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam setengah cangkir kacang dapat diperoleh sebanyak 106 mcg asam folat. Selain nutrisi tersebut, kacang tanah juga mengandung protein dan magnesium.

10. Jeruk

Banyak alasan mengapa orang menyukai buah yang satu ini. Buah berwarna kuning dan memiliki rasa segar ini bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan Anda akan asupan vitamin C. Vitamin C bermanfaat bagi kesehatan mulut sehingga mencegah sariawan dan juga menjaga kesehatan kulit Anda. Buah jeruk juga merupakan sumber asam folat. Dari satu buah jeruk berukuran kecil, Anda bisa mendapat sekitar 28 mcg asam folat. Anda bisa mengonsumsi buah jeruk secara langsung atau disajikan dalam segelas jus segar kaya manfaat.

11. Pepaya

 Buah yang satu ini memang luar biasa dalam memberikan manfaat bagi tubuh Anda. Sudah diketahui secara umum, mengonsumsi buah nikmat berwarna oranye ini bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. Buah pepaya juga mengandung sekitar 57 mcg asam folat dalam sajian satu buah pepaya ukuran kecil.

Alam memang memberikan semua hal yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan manusia, termasuk beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat di atas yang berasal dari bahan- bahan alami. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa memaksimalkannya untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • gambar tubuh yg mengandung
  • kacang kulit apakah mengandung asam folat tinggi
  • makanan dan buah yang mengandung asam folat

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat