12 Cara Mengusir Kecoa Paling Ampuh Dan Terbukti Berhasil

Dibutuhkan pengetahuan yang khusus untuk mengatasi serangga yang satu ini. Pencegahan perlu diupayakan agar tidak hanya mengusir kecoa yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah namun juga mencegah kecoa agar tidak masuk ke dalam rumah lagi.

Penyebab kecoa dapat Anda temukan di rumah antara lain:

  • Lingkungan yang tidak higienis.
  • Menyimpan makanan dalam wadah yang tidak tertutup.
  • Kecoa dapat mungkin masuk bahkan dalam rumah yang bersih melalui pipa saluran pembuangan dan pada celah kecil.
  • Kecoa dapat bertahan hidup bahkan dalam lingkungan yang ekstrim dengan jumlah makanan yang minimum.
  • Kecoa berkembang biak dengan cepat.
  • Kecoa dapat membangun sarang dalam tempat yang sangat sempit misalkan dalam remote control, celah atau retakan kecil di dinding. Dengan posisi tubuh yang menyamping datar mereka akan pas dalam celah kecil.
  • Kecoa adalah serangga yang cenderung resisten terhadap berbagai macam pestisida.

Beberapa Cara Mengusir Kecoa Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara dan teknik yang dapat membantu Anda mengusir kecoa dan dapat dicoba di rumah. Cara berikut ini efektif dalam mengusir kecoa secara cepat dan mengatasi masalah Anda. Cara yang akan dikemukakan di bawah ini menggunakan cara yang simpel namun sangat efektif untuk mengusir bahkan membunuh kecoa dan tidak meninggalkan residu yang beracun setelahnya.

1. Daun Salam

Bahan yang mudah ditemukan di toko maupun pasar yang terasuk bahan atau bumbu dapur yang cukup umum digunakan. Caranya,Buat seikat kumpulan daun salam dan letakkan dekat lubang atau retakan dimana kecoa biasa bertelur dan membentuk sarang. Jika kecoa juga mengganggu pakaian dan buku Anda, letakkan lembaran daun salam ke dalam tempat-tempat tersebut  juga.

2. Larutan amonia

Kecoa sering sekali bersembunyi dalam pipa pembuangan air. Buat larutan campuran antara amonia dan air kemudian siramkan dalam larutan pembuangan untuk membersihkan pipa. Bau amonia yang sangat menyengat akan mencegah kecoa bersarang di pipa tersebut.

3. Kapur Barus

Kapur barus dapat sangat efektif untuk memerangi serangga termasuk juga kecoa. Letakkan beberapa kapur barus di tempat-tempat yang Anda inginkan bebas dari kecoa.Selalu berhati-hati dalam penggunaan benda ini, jauhkan dari jangkauan anak-anak.

4. Minyak aromaterapi mint

Semprotkan minyak mint langsung ke kecoa atau di pojok-pojok dapur dan kamar mandi tempat kecoa biasa bersarang. Tips ini tidak langsung bekerja dengan cepat seperti metode yang lainnya, namun karena sifatnya alami dan tidak beracun dapat membantu mengusir kecoa.

5. Mouthwash

Larutan yang biasanya digunakan sebagai antiseptik untuk berkumur ini dapat juga bekerja sebagai desinfektan di rumah Anda.  Larutkan mouthwash dengan air dan semprotkan ke pojok atau dinding tempat kecoa biasa bersarang.

6. Grease (gemuk)

Masukkan makanan dalam toples bening dengan bagian dalam toples dilumuri dengan grease. Biarkan semalam. Kecoak akan terperangkap ke dalam toples karena dinding yang licin oleh grease.

7. Pemutih

Pemutih adalah jenis desinfektan umum yang biasa ada di rumah. Larutkan ke dalam air dan tuangkan ke atas lantai atau bak cuci dapur. Kecoa akan meninggalkan sarangnya di pipa pembuangan, dapur dan tempat-tempat lainnya.

8. Lemon

Lemon memiliki sifat anti pathogenic atau mencegah pertumbuhan bakteri. Tambahkan perasan jeruk lemon kedalam air saat mengepel bagian rumah Anda. Kuman dapat mati dan kecoa akan pergi karena tidak tahan dengan baunya.

9. Boraks

Taburkan boraks di sudut-sudut, retakan, bak cuci dapur, pipa dapur dan kamar mandi dan biarkan semalam. Kecoa yang berkeliaran di malam hari akan melakukan kontak dengan boraks dan akan mengeringkan bagian dalam tubuhnya dan sifatnya sebagai racun bagi kecoa. Tubuh kecoa yang sudah terkontaminasi boraks akan kembali ke sarang dan ikut menyebarkan racun tersebut di sana secara tidak langsung.

10. Larutan sabun

Buat larutan sabun yang pekat dan semprotkan langsung ke kecoa. Sebagian besar dari kecoa akan mati segera karena larutan sabun akan menyumbat pori-pori mereka yang membuat kecoa susah bernafas.

11. Campuran lada, bawang putih dan bawang bombay

Buat campuran antara satu sdm lada, satu siung bawang putih, dan setengah bombay. Hancurkan dan tambahkan satu liter air. Tambahkan larutan sabun bila perlu, semprotkan ke dapur tempat kecoa biasa muncul. Dapat juga sebagai campuran untuk mengepel lantai karena kecoa akan tidak tahan dengan baunya.

12. Timun

Letakkan potongan timun dan letakkan di tempat-tempat kecoa sering muncul. Penggunaan metode ini cukup aman karena timun bersifat tidak beracun.

Mencegah Kecoa Datang Kembali

  • Singkirkan sampah kebun yang ada di luar rumah Anda.
  • Tutupi celah-celah pada rumah Anda agar kecoa tidak dapat masuk.
  • Tutupi semua celah di lemari di dapur Anda.
  • Beri tutup pada semua bukaan pipa di kamar mandi dan dapur.
  • Pasanglah perangkap penangkal kecoa untuk mencegah kecoa kembali.
  • Semprotkan pestisida di perangkap baik dalam bentuk gel ataupun cair.
  • Jika Anda memukul atau menginjak seekor kecoa pastikan untuk membersihkan dengan seksama tempat serta benda yang Anda gunakan untuk memukul/menginjak. Saat induk kecoa mati, telurnya masih dapat menetas jika tidak segera disingkirkan dengan benar.
  • Selalu jauhkan makanan dan benda-benda lain dari kecoa, dan buanglah keluar sampah Anda setiap malam sebelum tidur
  • ============
  • cara mengusir kecoa
  • cara membasmi kecoa
  • cara menghilangkan kecoa

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah