12 Daftar Perlengkapan Melahirkan Yang Bunda Harus Tahu

Dalam menyambut datangnya bayi, calon orangtua pasti sudah mempersiapkan banyak hal mulai dari perlengakapan si bayi, perlengkapan makannya, pakaiannya dan lain sebagainya. Banyak hal yang perlu dipersiapkan bahkan penataan rumah demi menyambut sang bayi. Ketika Bunda sudah memasuki trimester ketiga, semua kebutuhan bayi alangkah baiknya jika sudah siap. Dan penting juga untuk persiapan melahirkan untuk sang Bunda.

Ketika kehamilan sudah matang, kelahiran bisa terjadi kapan saja tanpa diduga. Jadi alangkah baiknya jika semua keperluan sudah dipersiapkan di dalam tas sehingga sewaktu-waktu masa kelahiran datang bisa lebih mudah. Ketika barang-barang perlengkapan melahirkan dan juga perlengkapan bayi sudah di siapkan dalam satu tas yang simpel, keluarga tidak akan bingung lagi ketika hari H yang ditunggu datang.

Daftar Perlengkapan Melahirkan Untuk Ibu, Ayah Dan Sang Bayi

Persalinan bisa datang sewaktu-waktu yang menyebabkan kepanikan dari si Bunda maupun seluruh anggota keluarga. Hari perkiraan lahir (HPL) yang biasanya diberikan dokter bias saja meleset. Ketika semua panik, tidak akan ada waktu lagi untuk mengemas barang-barang sehingga akan lebih mudah jika dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Daftar perlengkapan melahirkan yang disiapkan adalah perlengkapan si bayi dan juga perlengkapan si ibu.

Perlengkapan Ibu


Berikut daftar perlengkapan ibu pada saat melahirkan:

1. Perlengkapan saat Kehamilan

Berikut daftar perlengkapan saat kehamilan yang perlu dibeli:

  • Celana dalam

Ibu hamil akan mengalami perubahan pada badannya, sehingga perlu celana dalam yang lebih besar.

  • Baju hamil.

Baju hamil agar ibu merasa lebih nyaman, karena semakin lama perut si ibu akan semakin membesar.

2. Perlengkapan saat Melahirkan

  • Celana dalam

Sediakan celana dalam minimal 3 untuk selama di Rumah Sakit post melahirkan.

  • Baju ganti.

Sediakan baju ganti yang nyaman terbuat dari bahan kaos yang tidak panas minimal 3 pasang.

Stagen digunakan pada ibu hamil agar bentuk tubuhnya tetap terjaga setelah melahirkan.

  • BH menyusui.

BH khusus menyusui mempermudah ibu untuk memberikan ASInya pada si bayi.

  • Washlap

Washlap untuk jaga jaga jika diperlukan menyeka badan.

  • Peralatan mandi.

Ibu juga perlu merawat badannya ketika di RS.

  • Dokumen dokumen penting untuk di RS.

Perlengkapan dokumen seperti KTP, KK, kartu asuransi, atau lainnya perlu dipersiapkan beserta beberapa rangkap fotokopinya.

  • Softex untuk ibu pasca melahirkan

Anda bisa membeli ini di RS ataupun dipersiapkan terlebih dahulu.

Perlengkapan Bayi

Berikut daftar perlengkapan bayi yang harus dibawa saat melahirkan:

3. Baju ganti bayi

Siapkan baju ganti bayi minimal 3 pasang. Terkadang pihak rumah sakit akan memberi bayi baju tapi hanya di hari pertama, karena itu persiapkan saja baju untuk bayi Anda.

4. Popok bayi

Siapkan popok bayi dengan ukuran yang kecil.

5. Sarung tangan dan kaos kaki bayi

Sarung tangan dan kaos kaki bayi untuk menghangatkan tubuh bayi.

6. Topi bayi

Topi bayi menjaga kepala bayi tetap hangat.

7. Selimut bayi

Selimut bayi berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi.

8. Minyak telon dan krim bayi

Digunakan setelah bayi mandi berfungsi menghangatkan tubuh bayi.

9. Tisue basah

Untuk memandikan bayi atau menyeka setelah BAB dan BAK.

Perlengkapan Ayah

Ayah sebagai suami siap siaga dan Ayah untuk bayi yang baru lahir juga memerlukan beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan. Ayah akan berada di samping Bunda 24 jam sehingga perlu beberapa perlengkapan yang perlu dibawa ke RS sebagai berikut:

  • Baju ganti, Ayah juga perlu baju ganti selama di RS.
  • Sleeping bag, Beberapa ruangan di RS tidak menyediakan tempat tidur untuk keluarga, sehingga perlu disiapkan agar Ayah juga bisa istirahat dengan baik.
  • Sarung atau selimut
  • Bantal kecil
  • Charger handphone

Perlengkapan Lain Lain

Beberapa perlengkapan berikut perlu Anda siapkan juga agar ketika ibu akan melahirkan Anda tidak kesulitan.

10. Makanan dan minuman ringan

Anda perlu menyiapkan makanan dan minuman ringan seperti roti roti ataupun jus. Bisa disiapkan untuk ibu maupun keluarga yang sedang menunggu proses kelahiran. Proses kelahiran cukup menyita perhatian Anda sehingga Anda sampai lupa makan dan minum terutama bagi sang Ayah bayi. Apabila sudah disiapkan sejak sebelumnya maka Ayah tidak perlu meninggalkan istrinya. Selain itu makanan dan minuman ringan juga diperlukan untuk ibu. Proses menunggu persalinan cukup lama, ibu juga memerlukan tenaga yang cukup untuk proses persalinan. Jangan lupa terutama adlaah membawa air putih yang cukup.

11. Kendaraan roda empat

Kendaraan roda empat harus stand by apabila sewaktu waktu ibu mulai merasakan perutnya kontraksi hebat dan tanda tanda melahirkan muncul. Jika keluarga tidak memiliki kendaraan roda empat, alangkah baiknya sudah dipersiapkan sejak jauh jauh hari. Sehingga mempermudah akomodasi ibu ke Rumah Sakit.

12. Telepon aktif

Sebagai suami siaga dan mudahnya komunikasi saat ini. Suami harus stand by dengan ponsel yang terus aktif ketika kerja. Sewaktu waktu istrinya menelepon, suami harus mengangkatnya.

Daftar perlengkapan melahirkan di atas dari mulai perlengkapan ibu, perlengkapan bayi, maupun perlengkapan Ayah perlu Anda siapkan di tas yang berbeda masing masing agar mudah untuk diangkut dan mudah juga jika akan mencari barang yang dibutuhkan. Setiap keperluan ibu, bayi, atau Ayah jadi kan pada satu tas saja agar lebih ringkas.

Letakkan tas-tas berisi perlengkapan di tempat yang terlihat dan mudah dijangkau. Beritahu semua anggota keluarga tentang isi tas tersebut dan letaknya agar bisa membantu Anda bila saatnya tiba. Pasangan sebaiknya terlibat ketika menata perlengkapan tersebut agar mudah jika mencari barang yang diperlukan, karena ibu akan cukup repot dengan proses persalinan dan bayinya, sehingga Ayah perlu membantu keperluan ibu dan bayinya.

  • perlengkapan melahirkan
  • perlengkapan persalinan
  • persiapan perlengkapan melahirkan

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah