13 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Balita/Anak Dengan Mudah


Pernah mengalami kesulitan menyuruh anak Anda yang masih berumur balita untuk makan? Walaupun sudah disediakan berbagai makanan yang mengugah selera, tetap saja ia hanya makan sedikit dan kemudian lanjut bermain. Atau menolak saat sesendok makanan disuapkan ke mulutnya.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Balita

Nafsu makan yang hilang terkadang memang membuat frustasi, namun jangan khawatir, kami memiliki beberapa trik untuk meningkatkan nafsu makan balita Anda.

1. Wajib Sarapan!

Sarapan dengan menu yang sehat dan bergizi dapat meningkatkan nafsu makan, karena semalaman sebelumnya perut tidak terisi, seperti puasa di malam hari. Di pagi hari, anak membutuhkan asupan energi yang didapatnya dari sarapan yang bernutrisi. Dengan rutin sarapan, nafsu makan pun meningkat karena rasa lapar di pagi hari.

2. Snack Sehat

Snack yang dikonsumsi para balita seharusnya termasuk ke dalam snack sehat sehingga nafsu makan juga meningkat, bukan menurun akibat perut penuh dengan snack yang tidak sehat. Jadi, daripada memberikannya cookies atau cokelat, tawarkan sereal atau muesli yang lebih memiliki nutrisi.

3. Berikan Kacang

Kacang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan karena kemampuannya untuk membentuk protein di dalam tubuh. Tambah nafsu makan anak Anda dengan memberikannya selai kacang atau bahkan kacang tanah goreng yang dapat pula dijadikan snack.

4. Konsumsi Yoghurt

Tidak menyangka bahwa minuman yang satu ini sangat berpengaruh terhadap nafsu makan anak? Yoghurt kaya akan probiotik dan kalsium yang merupakan zat yang paling baik untuk meningkatkan nafsu makan juga imunitas bagi anak-anak. Hidangkan yoghurt sebagai makanan penutup sehingga pencernaan anak pun lebih lancar.

5. Tawarkan Makanan Favoritnya

Sebagai anak-anak, tentunya ada beberapa makanan yang tidak disukainya seperti sayuran hijau. Untuk meningkatkan nafsu makannya, cobalah ganti jenis sayuran dengan yang lebih disukainya. Dengan menyantap makanan yang disukainya, tentunya akan lebih banyak porsi yang ia habiskan .

Terkadang penampilan dari makanan pun mempengaruhi nafsu makan anak. Pernah melihat ibu-ibu di Jepang selalu menampilkan bekal dalam berbagai bentuk yang lucu serta menggugah selera? Mungkin Anda juga dapat mulai mempelajarinya demi anak menghabiskan bekalnya ke sekolah. Tentunya dengan bahan-bahan yang ia sukai dan makan banyak.

6. Makan Setiap 2 Jam

Anak-anak yang sulit makan mungkin juga disebabkan oleh sistem pencernaannya yang memang belum berkembang seperti orang dewasa yang membutuhkan makan di waktu-waktu tertentu selama tiga kali sehari dengan porsi besar. Ada baiknya Anda mencoba untuk memberikannya makanan dalam porsi yang lebih kecil, namun dengan frekuensi yang lebih sering, seperti dua jam sekali. Hal ini akan membuat anak secara psikologis menganggap makanan yang harus dihabiskannya sangat sedikit sehingga ia pun makan lebih banyak.

7. Kurangi Konsumsi Susu

Kebanyakan anak-anak yang nafsu makannya sangat rendah bermula dari masalah terlalu banyak meminum susu. Anda tentunya ingin ia tumbuh dengan tulang yang kuat dengan meminum susu secara rutin, namun ternyata terlalu banyak meminum susu juga dapat mengurangi nafsu makan.

Solusinya, hindari memberi izin anak meminum susu sebagai snack di sela-sela jam makan, karena akan menyebabkan nafsu makannya menghilang ketika jam makan tiba. Sebaliknya, tawarkan alternatif olahan susu seperti keju, yoghurt, atau cream.

8. Cek Kondisi Ruang Makan

Jika Anda termasuk yang mewajibkan anak makan di meja makan, cobalah telusuri lebih lanjut apakah kondisi ruang makan kondusif untuk menimbulkan nafsu makan anak. Bisa saja ruang makan terlalu dekat dengan dapur yang kurang bersih sehingga dapat tercium bau berbagai bumbu dapur atau bau-bauan lainnya yang membunuh nafsu makan. Ciptakan ruang makan yang bersih dengan bau sedap yang dapat mengundang selera makan anak.

9. Temperatur Lebih Dingin

Pernah bepergian ke pegunungan atau tempat yang dingin dan merasa nafsu makan meningkat? Begitu pula yang terjadi di rumah. Jika temperatur terlalu hangat cenderung ke panas, biasanya nafsu makan memang berkurang.

Untuk meningkatkan nafsu makan, pastikan ruangan di dalam rumah Anda memiliki ventilasi yang baik. Letakkan meja makan di dekat jendela yang terbuka sehingga udara segar lebih mudah masuk dan lihat perubahannya pada nafsu makan anak.

10. Berikan Penambah Nafsu Makan

Air jahe dengan campuran madu dapat menjadi salah satu bahan yang dapat meningkatkan nafsu makan, selain itu baik pula untuk sistem imun anak.  Jika anak sedang sulit makan, coba tawarkan untuk meminum perasan lemon yang dapat melancarkan pencernaan dan menambah nafsu makan.

Zat seng juga termasuk salah satu bahan yang dapat membangun nafsu makan. Terdapat pada makanan bergandum, kacang-kacangan, serta biji labu. Cobalah kombinasikan dengan hidangan utama sehingga anak makan lebih banyak. Namun konsultasikan terlebih dahulu ke dokter  jika ingin memberikan suplemen yang mengandung zat seng untuk anak

11. Beraktivitas Lebih Banyak

Beraktivitas lebih banyak akan menambah nafsu makan dikarenakan energi yang lebih banyak pula dikeluarkan oleh tubuh. Biarkan anak Anda bermain, berlarian, aktif bergerak sehingga jika sudah sampai waktunya makan, ia akan melahap seluruh hidangannya dengan lahap.

12. Buat Jurnal Makanan

Jurnal berisikan apa-apa saja yang dimakan anak setiap harinya, serta seberapa lahap ia menghabiskan makanan tersebut. Nantinya di masa mendatang Anda dapat melihat kembali ke jurnal ini sebagai referensi makanan apa saja yang dapat membuat nafsu makan anak meningkat.

13. Hindari Topik Berat di Meja Makan

Terkadang, di meja makan orang tua mendiskusikan berbagai permasalahan rumah tangga, seperti masalah keuangan atau jadwal sekolah anak. Sebaiknya hal ini dihindari karena akan membunuh nafsu makan anak. Cobalah lebih banyak membahas hal-hal yang menyenangkan, hingga piring anak sudah bersih dari makanan.

Itulah tadi 13 cara untuk meningkatkan nafsu makan anak. Sebetulnya tidak hanya berlaku untuk anak saja, Anda yang merasa ingin menaikkan berat badan juga dapat mencobanya. Selamat mencoba!

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat