5 Tips Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang yang Perlu Diketahui

Bayi susah tidur siang – Sebagian besar seorang ibu yang habis melahirkan pasti pernah merasakan bayi yang sulit tidur siang. Mungkin jika terjadi hanya sekali dua saja tidak masalah, namun bagaimana jika terjadi hampir setiap hari? Pasti si ibu tidak akan bisa melakukan pekerjaan lain. Akhirnya banyak pekerjaan rumah tangga yang terbengkalai.

Beberapa ahli mengatakan bahwa sebenarnya tidur siang sangat berguna bagi pertumbuhan bayi. Pada saat bayi tidur siang, maka tubuhnya akan melepaskan hormon pertumbuhan yang memungkinkan ia bertambah tinggi, memengaruhi pertumbuhan organ-organ tubuh (otot, tulang, dan kulit), dan sel-sel otot akan regenerasi. Bayi memang membutuhkan tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa. Sebaiknya bayi tidur sekitar 9 hingga 10 jam pada malam hari, sedangkan untuk siang hari sebaiknya selama 1 sampai 2 jam.

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengatasi bayi susah tidur yang bisa dilakukan.

1. Membuat suasana kamar menjadi sangat nyaman

Buatlah suasana kamar menjadi nyaman untuk tidur. Tidak hanya nyaman saja, namun harus setenang mungkin. Apabila kamar Anda penuh dengan peralatan elektronik seperti komputer, televisi, maupun radio, sebaiknya matikan semua pada saat akan menidurkan bayi Anda. Jauhkan bayi dari pengaruh bunyi-bunyi maupun sinar lampu yang sangat terang. Selain itu, perhatikan juga suhu kamar tersebut. Alangkah lebih baik jika Anda memasang kipas angin atau AC di dalam kamar. Warna dinding kamar juga sebaiknya tidak terlalu terang. Warna cat tembok yang terang akan menstimulasi panca indera, sehingga si bayi susah tidur siang.

2. Memperhatikan makanan

Ternyata seorang Sebaiknya usahakan anak sudah makan atau meminum ASI selama 1 hingga 2 jam sebelum tidur. Rentang waktu itu cukup membuat pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

3. Membiasakan ritual

Sebisa mungkin atur jadwal dan kebiasaan tidur bayi secara rutin setiap harinya. Walaupun belum mengantuk, ajak bayi ke atas tempat tidur pada waktu yang memang telah disepakati. Anda bisa menyetel musik tenang supaya anak bisa merasa rileks dan cepat tidur. Anda bisa mengeringkan tubuh anak yang berkeringat dengan memakai tissue basah atau waslap sebelum tidur, kemudian taburkan bedak di badannya. Jika diperlukan, pijat perlahan dan usap tubuh anak di bagian tubuhnya yang bisa membuat rileks.

4. Jangan tidur terlalu sore

Jangan menidurkan anak terlalu sore karena biasanya bayi sudah terlalu lelah dan mengantuk. Kondisi seperti ini malah bisa memicu si bayi menjadi rewel, kemudian tidurnya menjadi tidak tenang. Selain itu, tidur siang terlalu sore juga bisa berpengaruh terhadap waktu tidur malam hari si bayi. Oleh karena itu, tentukan jam tidur siang bayi yang tidak terlalu jauh dari waktu makan siang.

5. Membiasakan rutinitas bermain

Apabila bayi Anda sudah memasuki usia lebih dari 3 bulan, Anda bisa meningkatkan rutinitas dengan bermain pada siang hari supaya si bayi memiliki kualitas tidur di malam hari yang lebih baik. Apabila ada teman bermain yang berada di lingkungan sekitar rumah, Anda bisa mencoba untuk berinteraksi. Apabila si bayi merasa lelah dan mengantuk, sudah pasti ia akan tertidur sendiri di gendongan Anda maupun kereta bayi karena ia memag merasa senang dan nyaman. Namun ingat, Anda juga harus berhati-hati pada saat teman si bayi memiliki sakit yang bisa menular. Cobalah untuk mencari teman sebaya anak Anda yang kondisinya sedang sehat. Apabila anak berusaha untuk bermain atau keluar rumah pada saat waktu istirahat, sebaiknya Anda harus cepat membawanya kembali ke tempat tidur.

Itu tadi beberapa cara untuk mengatasi bayi susah tidur siang yang bisa Anda lakukan. Ingat, menjadi seorang ibu memang tidak mudah. Bisa dibilang, pekerjaan seorang ibu memang lebih susah dilakukan jika dibandingkan dengan pekerjaan di kantor. Pekerjaan sebagai ibu merupakan pekerjaan yang mulia. Jadilah ibu yang selalu sabar dan mengerti apa saja yang terbaik bagi anak.

  • bayi susah tidur siang
  • mengatasi bayi susah tidur siang
  • mengatasibayi susah tidur siang

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah