8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Terbukti Manjur Dan Alami

Hidung yang tersumbat sangatlah mengganggu aktivitas. Hidung tersumbat terjadi saat adanya pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan penumpukan cairan lendir yang kemudian menyumbat saluran pernapasan. Saat hidung tersumbat, seseorang sangat sulit untuk bernapas secara normal.

Hidung tersumbat sering kali diasosiasikan dengan adanya virus influenza yang menyerang tubuh, serta berbagai reaksi alergi. Sangat penting untuk mengobatinya secara cepat untuk menghindari ketidaknyamanan seperti infeksi pada telinga maupun kesulitan untuk tidur.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Terdapat banyak cara mengatasi hidung tersumbat secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, berikut merupakan diantaranya :

1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat. Bawang putih memiliki kandungan antivirus dan anti jamur yang dapat membantu hidung tersumbat yang disebabkan oleh infeksi pernapasan.

Untuk menggunakan bawang putih, lakukan langkah-langkah berikut :

  • Kupas dua hingga tiga siung bawang putih.
  • Rebus di dalam satu gelas air.
  • Anda juga dapat menambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit.
  • Minum sekali per hari sampai penyumbatan terasa hilang.
  • Jika suka, Anda juga dapat memakan langsung siungan bawang putih yang sudah ditumis.

2. Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Cuka apel dapat dengan cepat meredakan hidung tersumbat dengan cara menipiskan cairan lendir yang diproduksi di bagian dalam hidung. Cuka apel juga sangat kaya akan berbagai nutrisi untuk kesehatan dan imunitas.

Untuk menggunakan cuka apel, ikuti langkah berikut :

  • Siapkan satu gelas air hangat.
  • Tambahkan dua sendok makan cuka apel ke dalam air hangat tersebut.
  • Tambahkan satu sendok makan madu untuk memberikan rasa manis.
  • Minumlah 2-3 kali dalam sehari hingga penyumbatan berkurang.

3. Menghirup Uap Air

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan uap air. Menghirup uap air juga merupakan salah satu cara untuk meredakan penyumbatan di hidung. Uap air yang masuk ke hidung berperan sebagai ekspektoran alami untuk membasmi lendir yang menyebabkan penyumbatan, juga melumasi saluran pernapasan yang mengalami iritasi.

Untuk melakukannya, Anda dapat terlebih dahulu mendidihkan air di dalam panci. Tambahkan biji karambol jika memungkinkan. Kemuian pindahkan sebagian air ke mangkuk berukuran sedang. Hirup uap air dari dalam mangkuk, namun jangan terlalu dekat. Ambil jarak sekitar satu lengan dari hidung ke mangkuk yang berisi uap hangat. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial sehingga uap lebih terasa menyegarkan.

Mengirup uap air ini cukup efektif dilakukan untuk pra orang dewasa, namun sebaiknya tidak diaplikasikan pada anak kecil karena risiko uap yang terlalu panas bagi kulit anak-anak. Juga kurang begitu cocok bagi para ibu hamil, penderita tekanan darah tinggi, dan orang yang memiliki penyakit jantung.

4. Menggunakan Larutan Saline

Salah satu cara lainnya untuk mencegah idung tersumbat adalah dengan membuat larutan saline yang dapat membasuh lendir dan berbagai zat pembuat iritasi pada saluran pernapasan. Untuk membuat larutan saline, lakukan langkah berikut :

  • Campurkan satu sendok teh garam dengan dua gelas air hangat yang matang.
  • Larutan ini kemudian akan dilewatkan ke dalam lubang hidung. Anda dapat menggunakan berbagai macam alat seperti botol bekas yang dapat digunakan untuk mengeluarkan cairan dalam jumlah sedikit demi sedikit
  • Lewatkan cairan ke dalam salah satu lubang hidung, biarkan cairan masuk dan keluar lubang hidung. Lakukan di dekat wastafel sehingga larutan saline langsung terbuang dan tidak membuat banjir.
  • Lakukan 1-2 kali dalam satu hari.

5. Minyak Kayu Putih

Rasa hangat yang ditimbulkan minyak kayu putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah hidung tersumbat. Minyak kayu putih juga mengandung zat anti peradangan yang sangat baik mengobati bagian di dalam hidung yang mengalami iritasi saat hidung tersumbat.

Untuk menggunakan minyak kayu putih, teteskan 2-3 tetes minyak kayu putih ke permukaan sapu tangan, kemudian hidup aromanya. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Anda bisa juga meneteskannya pada bantal sebelum tidur di malam hari sehingga manfaat minyak kayu putih tetap ada saat Anda memasuki tidur yang nyenyak di malam hari.

6. Air Hangat

Saat menderita hidung tersumbat, sangat penting untuk mengalirkan lendir keluar dari tempat yang membuat mampet saluran pernapasan. Air hangat dapat menjadi salah satu solusinya. Air dapat memberikan kelembaban sehingga mencegah bagian dalam hidung terlalu kering. Untuk menggunakan air hangat, Anda dapat memilih 3 opsi berikut :

  • Menggunakan humidifier, sebuah alat yang meningkatkan kelembabab di suatu ruangan
  • Mandi dengan air hangat, terutama dengan shower. Dalam beberapa menit saja di bawah shower air hangat, uap air akan menumpuk di kamar mandi. Kemudian hirup sebanyak-banyaknya uap tersebut hingga Anda merasa lebih baik.
  • Basahi sapu tangan dengan air hangat, kemudian letakkan di atas wajah Anda. Diamkan selama 10 menit dengan pengulangan beberapa kali dalam sehari.

7. Teh Herbal

Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan teh herbal. Berbagai macam teh herbal yang panas juga dapat menipiskan cairan lendir di dalam aliran pernapasan. Selain itu, teh herbal dapat mengeluarkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh, memberikan Anda manfaat berlebih.

Teh herbal dari mulai yang mengandung jahe, mint, dan lain-lain dapat Anda pilih sendiri sesuai selera. Namun jika memilih teh peppermint, herba yang satu ini sangat ampuh untuk membuka saluran pernapasan yang menghentikan penyumbatan pada hidung.

8. Lada Hitam

Lada hitam dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cara merangsang terjadinya bersin sehingga mengeluarkan berbagai lendir dan alergen di dalam sinus. Cara menggunakan lada hitam adalah sebagai berikut :

  • Ambil sedikit lada hitam, tambahkan 3 tetes minyak wijen.
  • Basahi jari Anda dengan campuran tersebut, kemudian letakkan di bawah lubang hidung.
  • Hirup aromanya yang kuat, hal ini akan menstimulasi Anda untuk bersin.
  • Ulangi hingga penyumbatan berkurang

Demikian beberapa cara sehat yang bisa Anda coba untuk meredakan gejala hidung tersumbat yang mengganggu aktivitas keseharian. Jika mengalami hidung tersumbat dalam waktu yang lama, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mengetahui jika ada penyakit.

  • cara menghentikan hidung yang tersumbat 100% berhasil
  • hidung tersumbat
  • cara mengatasi hidung tersumbat

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah