5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dengan Mudah Tanpa Harus Panik


Perubahan cuaca secara mendadak akan membuat tubuh bereaksi dengan cepat. Organ-organ dalam tubuh harus bekerja lebih berat dari biasanya, yang kadang membuat sistem imun berkurang kinerjanya. Bagi yang memiliki tubuh lemah seperti bayi, hal ini akan menyebabkan beberapa penyakit, seperti flu, demam, dan hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Banyak ibu yang bingung apa yang harus dilakukan jika si bayi sakit dan susah bernafas, terutama ibu yang masih baru dan belum punya pengalaman banyak. Namun memang, cara mengatasi hidung bayi yang tersumbat tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa anda lakukan:

1. Gunakan Air Salin

Pada saat darurat, anda bisa menggunakan air salin sebagai salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Air salin ini bisa dengan mudah anda dapat di apotek terdekat dengan harga yang murah. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup teteskan beberapa tetes air salin pada setiap lubang hidung. Kemudian, gunakan sedotan khusus untuk menghisap mucus atau lendir yang ada di dalam hidung. Anda bisa menggunakan cara ini sebelum bayi makan agar bayi bisa makan dengan nyaman.

Namun jika anda ingin menggunakan cara ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Cara ini hanya efektif untuk bayi dibawah 6 bulan. Bayi yang sudah sedikit membesar akan rewel dan kadang menolak dihisap lendirnya. Tapi jangan khawatir, air salin ini akan secara alami mengencerkan lendir dan bisa keluar dengan lancar melalui hidung.

2. Uap

Anda bisa menggunakan uap untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat. Biasanya hal ini akan lebih mudah jika anda mempunyai alat yang bernama vaporizer. Namun jika anda tidak punya, anda bisa menggunakan cara tradisional, dengan memakai uap air. Caranya adalah

  • Pertama-tama harus memanaskan air panas dengan kuantitas cukup banyak.
  • Setelah itu, taruh di kamar mandi dan tutup pintunya agar ruangan menjadi panas dan beruap.
  • Kemudian, duduk bersama bayi selama beberapa menit.
  • Lendir yang menyebabkan hidung tersumbat akan keluar akibat uap yang ada di dalam ruangan, dan bayi bisa bernapas dengan lancar.

3. Menepuk Punggug

Tepukan lembut pada punggung bayi juga akan membantu bayi bisa bernafas dengan lancar. Caranya adalah:

  • baringkan bayi sejajar dengan kaki dan tepuk lembut punggungnya
  • Anda harus menepuknya dengan pangkal jari anda, agar tidak terasa sakit dan nyaman pada bayi.
  • Cara lain yang bisa anda lakukan adalah, anda bisa mendudukan bayi pada pangkuan anda dengan sudut 30 derajat ke depan.
  • Pose ini akan memudahkan lendir untuk keluar dari hidung, dan merangsang hidung bayi untuk mengeluarkannya.

4. Balsem Ringan

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan balsem. Balsem dengan kandungan ringan bisa anda balurkan pada bibir atas bayi, seperti yang biasa orang dewasa lakukan jika sedang pilek. Namun hati-hati, jangan dioleskan terlalu banyak. Hidung bayi masih sangat sensitif dan belum terbentuk dengan sempurna, sehingga memungkinkan mereka akan menyerap semua bau yang tajam.

Cukup oleskan sedikit saja, dan tunggu lendirnya keluar. Jika karena olesan balsam ini bayi terus menangis, segera hilangkan balsam dengan lap basah hingga bersih sempurna.

5. Tidur Berdiri

Banyak dokter yang menyarankan agar bayi tidur berdiri apabila hidung sudah tersumbat secara akut. Alasannya, lendir yang menyumbat hidung bayi tidak akan melebar ke bagian hidung dalam, dan membuat kondisinya semakin parah. Orang tua bisa mencoba menidurkan bayi di pelukan dengan posisi duduk. Selain untuk mengatasi hidung tersumbat, posisi tidur seperti ini juga akan membuat bayi tenang karena berada dalam pelukan orang tuanya.

Mencegah Hidung Tersumbat Pada Bayi

Langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas merupakan langkah penanganan apabila si bayi sudah tersumbat hidungnya. Anda juga harus melakukan beberapa langkah pencegahan agar hal ini tidak terulang kembali, yang diantaranya adalah :

  • Jangan Biarkan Bayi Dehidrasi – Salah satu penyebab hidung bayi tersumbat ini karena lendir yang ada pada hidung mengeras, dan mengganggu pernapasan. Karena itu, biarkan bayi dehidrasi dan kekurangan cairan yang diperlukan oleh tubuh.
  • Pastikan Tempat Tidur Bebas Debu – Sebelum bayi tidur, pastikan area sekitar kamar sudah bebas dari debu. Jika tidak, debu-debu akan terhisap pada saat bayi bernapas dan menempel pada lendir yang ada di dalam hidung, yang tentu saja akan menyumbat pernapasan sang bayi.
  • Tempatkan Pada Tempat Yang Lembab – Sebisa mungkin anda harus menempatkan bayi pada tempat yang lembab dan sejuk agar lendir dalam hidung tidak mengering dan megeras. Namun jangan dibuat terlalu lembab, karena dapat membuat bayi tidak nyaman dan semakin rewel.
  • Jangan di Berikan Obat Flu – Banyak ibu yang merasa dengan memberikan obat flu pada bayi, hidung tersumbat akan teratasi. Padahal, hal ini sangatlah berbahaya dan dilarang oleh dokter. Obat flu yang biasanya mengandung antihistamines/decongestants ini hanya boleh digunakan pada umur satu tahun keatas. Jika dipaksakan, detak jantung dan tekanan darah pada bayi akan naik, yang dapat berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak ibu yang merasa kebingungan pada saat sang bayi tersumbat hidungnya. Padahal, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya, seperti meneteskan air salin pada kedua hidung, menepuk punggung dengan lembut, mengoleskan balsam berbahan ringan menidurkan bayi dengan cara berdiri. Langkah pencegahan seperti memastikan kamar tidak penuh debu dan menempatkan bayi pada tempat yang lembab pun akan membantu mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi.

Bagaimana? Mudah bukan? Namun meskipun anda sudah mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, anda harus terus mengawasi gejala-gejala lain pada tubuhnya. Apabila bayi mulai demam tinggi, susah makan, sangat sulit bernafas hingga tidak bisa tidur, anda harus segera ke dokter dan cari pertolongan.

  • cara mengeluarkan ingus pada bayi
  • daun sirih untuk pilek bayi
  • mengobati hidung tersumbat pada bayi dengan daun sirih

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat