Alat Tes Gula Darah Mudah Menggunakan Glukometer



Alat tes gula darah Glukometer – Perkembangan zaman yang sedang berlangsung saat ini ternyata dapat mempengaruhi banyak hal. Beberapa perubahan yang sangat dekat dan mudah dilihat oleh kita adalah perubahan teknologi yang semakin canggih, perubahan gaya hidup, hingga perubahan pola konsumsi seseorang. Jika kita kembali mengingat beberapa tahun lalu atau bahkan 10 tahun silam, mungkin masih banyak orang yang mengkonsumsi makanan buatan sendiri yang diolah dari bahan-bahan serta rempah-rempah alami sehingga sangat aman bagi kesehatan. Semakin lama konsumsi makanan jenis tersebut nampaknya sudah semakin berkurang. Hal itu dapat terjadi akibat beberapa faktor seperti tingginya aktivitas fisik seseorang sehingga tidak sempat mengolah makanan sendiri, mulai menjamurnya bisnis kuliner yang sebagian besar menyediakan makanan yang cepat saji atau instan, dan beberapa faktor lainnya.

Jenis makanan cepat saji, makanan instan, ataupun yang kita kenal pula dengan istilah junk food memang sangat praktis dan nikmat untuk disantap. Namun, tanpa disadari sebenarnya makanan-makanan tersebut hanya akan memberikan nikmat sesaat kepada konsumennya. Mengapa demikian? Dibalik kelezatan makanan cepat saji, makanan instan ataupun junk food terselip berbagai ancaman serius yang membahayakan kesehatan. Jenis makanan tersebut tentunya mengandung berbagai zat pengawet, zat pewarna, zat pemanis buatan, sehingga tinggi gula, garam, dan lemak yang jika dikonsumsi akan memicu perkembangan penyakit tertentu. Apalagi jika ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik seseorang (seperti olahraga), maka datangnya penyakit berbahaya dapat lebih cepat. Salah satu penyakit berbahaya yang sangat erat sekali kaitannya dengan pola hidup yang kurang sehat adalah diabetes melitus atau yang biasa dikenal dengan orang awam dengan istilah kencing manis. Sudah tahukah Anda tentang penyakit ini?

Diabetes Melitus Dan Segudang Bahaya Yang Dibawa Olehnya

Secara ilmiah, diabetes melitus adalah suatu penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar gula darah atau glukosa darah di dalam tubuh seseorang. Seseorang dikatakan menderita diabetes melitus atau penyakit kencing manis adalah jika kadar gula darahnya berkisar di atas 200 mg/dL. Selain itu biasanya penderita juga mengalami beberapa gejala klasik diabetes seperti sering buang air kecil, sering haus, dan mudah lapar.

Tingginya kadar gula darah seseorang dapat diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat tadi. Pola hidup tersebut jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan penumpukan lemak jahat dan karbohidrat yang selanjutnya dapat menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin ini adalah ketidakmampuan sel-sel sasaran insulin dalam merespon insulin secara normal. Kemudian kondisi resistensi insulin inilah yang akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Akibatnya penyakit diabetes melitus mulai bersarang dan jika sudah demikian seseorang harus mengubah pola hidupnya agar kembali sehat.

Memantau Kadar Gula Dengan Alat Tes Gula Darah Glukometer

Diabetes melitus merupakan induk dari segala penyakit (mother of disease), artinya kemunculan penyakit ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit lain yang tak kalah berbahaya seperti hipertensi, obesitas, jantung, bahkan hingga stroke. Oleh karenanya kita tidak boleh menyepelekan penyakit ini. Ada salah satu langkah yang dapat kita lakukan untuk terus mewaspadai datangnya diabetes. Langkah tersebut adalah dengan mengecek kadar gula darah kita secara berkala.

Untuk mengecek kadar gula darah, kita tak perlu repot-repot mengunjungi rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan lainnya, cukup dengan mengeceknya sendiri. Bagaimana caranya? Saat ini sudah banyak dijual berbagai alat tes gula darah atau biasa disebut glukometer. Anda pun dapat memperolehnya dengan mudah di pasaran. Alat pengecek kadar gula darah ini tersedia dalam berbagai merk dan tipe tertentu, namun memiliki fungsi yang sama yaitu mengetahui kadar gula darah seseorang.

Bagaimana Cara Menggunakan Alat Tes Gula Darah Glukometer

Menggunakan alat tes gula darah glukometer ini tidaklah sulit dan Anda pun akan dengan mudah mempraktekkannnya sendiri. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Pengecekan kadar gula darah menggunakan alat cek ini hanya memerlukan setetes sampel darah Anda atau orang lain yang ingin diketahui kadar gula darahnya (sekitar 0,5 hingga 2 mikro liter tergantung dari jenis alatnya).

  • Pengambilan darah dilakukan dengan menggunakan lancing device (biasanya sudah tersedia satu paket dengan glukometer).
  • Teteskan sampel darah tersebut pada strip glukometer.
  • Kemudian kadar gula darah akan secara otomatis diukur oleh alat ini. Tunggu beberapa detik dan hasilnya pun sudah dapat dilihat pada layar.
  • Perlu diingat bahwa strip pada alat ini hanya sekali pakai, sehingga jika ingin melakukan tes berulang kali atau pada orang yang berbeda stripnya harus diganti dengan yang baru.

Sangat mudah, cepat, dan praktis bukan? Tidak perlu repot berkunjung ke klinik atau meminta bantuan orang lain, cukup melakukannya sendiri dan hasilnya pun keluar dalam waktu singkat. Jangan lupa untuk menyediakan alat tes gula darah glukometer di rumah Anda, terutama bagi Anda atau keluarga Anda yang mengidap diabetes melitus sehingga dapat dengan mudah memantau kadar gula darah secara berkala kapan saja dan dimana saja.

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat