14 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Yang Bisa Anda Praktekkan


Cara Mengatasi Sesak Nafas – Pernafasan merupakan salah satu gerakan fungsi anggota tubuh yang sangat penting, baik itu bayi, anak- anak, orang dewasa maupun orang yang telah lanjut usia. Setiap kita kemungkinan besar sudah pernah mengalami, yang namanya sesak nafas.

Terjadinya sesak nafas pada tubuh kita, secara umum ada faktor penyebabnya, seperti: terlalu letih dalam berolahraga, flu atau pilek, tersedak, batuk dalam waktu lama, polusi udara, alergi, keracunan, asma, maupun disebabkan oleh penyakit lainnya.

Faktor Penyebab Sesak Nafas

Sesak nafas yaitu kesulitan bernafas, dalam bahasa medis disebut dengan “Dispnea”. Selain faktor umum yang menyebabkan terjadi sesak nafas, ada juga penyebab, lainnya:

  • Anemia (Kekurangan sel darah merah/ Hemoglobin).
  • Tuberculosis (Tbc).
  • Sinusitis.
  • Pneumonia (paru- paru basah).
  • Gangguan pada jantung: sakit jantung atau serangan jantung.
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).
  • Difteri (Infeksi pada saluran pernafasan).

Sesak nafas, menyebabkan kekurangan oksigen dalam tubuh kita, termasuk paru-paru, jantung dan otak kita. Ini menyebabkan penderita sesak nafas merasa lemas, mudah letih dan bahkan susah tidur pada malam hari.

Cara Mengatasi Sesak Nafas

Bagi anda yangs seringkali terserang sesak nafas, ada baiknya mencoba beberapa cara untuk mengatasi sesak nafas, diantaranya sebagai berikut:

1. Sesak nafas, disebabkan olahraga yang terlalu berat.

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat baik untuk kesehatan kita. Pada saat waktu pertengahan berolahraga, perlu adanya waktu istirahat setelah melakukan serangkaian gerakan. Biasanya waktu istirahat berlangsung sekitar 10 hingga 15 menit dan melanjutkan gerakan berikutnya. Jikalau, kita paksakan terus, ini akan menjadi sangat fatal yang menyebabkan sesak nafas bahkan bisa terjadinya kematian.

2. Sesak nafas, karena kurang istirahat.

Orang yang terlalu lelah dan kurang tidur bisa menimbulkan sesak nafas. Jadi untuk menjaga stamina tubuh kita dan menghindari ulang terjadinya sesak nafas, maka kita harus mengatur waktu tidur kita. Misalkan, setiap malam tidurnya tidak melewati jam 09:00 atau jam 10:00 malam.

3. Gunakan Masker.

Kita mengetahui bahwa Masker adalah salah satu alat pelindung organ saluran pernafasan kita yaitu: hidung dan mulut. Bagi orang yang sesak nafas, ketika keluar sebaiknya memakai masker, untuk menghindari masuknya udara kotor maupun debu.

4. Minyak angin dan minyak kayu putih.

Minyak angin dan minyak kayu putih ini sangat baik mengurangi bahkan menyembuhkan sesak nafas yang ringan. Sebagaimana sesak nafas, akibat dari flu atau pilek.

Minyak angin dan minyak kayu putih, disamping bisa menghilang flu atau pilek. Otomatis, sesak nafas bisa tersembuhkan karena efek dari flu atau pilek yang telah menghilang, bukan?

5. Sesak nafas, karena asma.

Sebagaimana telah diuraikan di atas, salah satu penyebab umum timbulnya sesak nafas adalah asma. Ketika asma timbul atau kambuh, cepatlah semprot obatnya. Sehingga asma maupun sesak nafas bisa terkendali dengan cepat.

6. Sesak nafas, karena orang yang overweight.

Orang yang punya berat badan berlebihan, atau disebut dengan istilah overweight. Ini disebabkan karena tumpukan lemak yang ada di dalam tubuhnya, sepertu pada jantung maupun bagian organ tubuh lainnya.

Jadi, untuk menghindari timbulnya sesak nafas. Caranya adalah menurunkan berat badan secara rutin, olahraga yang teratur, pola makan yang tepat, tidur yang cukup serta hindari makanan yang berminyak dan berlemak tinggi.

7. Sesak nafas, karena polusi udara.

Semakin bertambahnya kendaraan tiap tahun, pembakaran hutan secara liar maupun pembuangan zat- zat kimia oleh pabrik- pabrik. Ini menyebabkan polusi udara semakin buruk. Hal inilah, yang bisa menyebabkan timbulnya sesak nafas.

Jika terjadi polusi udara, maka pakailah masker yang bermutu ketika keluar. Karena ini melindungi saluran pernafasan kita.

8. Sesak nafas, disebabkan kondisi stres.

Ketika kondisi dan situasi yang menekan, baik itu dari segi masalah pribadi, masalah pekerjaan dan juga masalah lainnya.

Ini bisa menimbulkan namanya stres. Akibat timbulnya stres, bisa menyebabkan siklus cara kerja paru- paru menjadi tidak normal atau biasanya. Sehingga, menyebabkan oksigen tidak bisa disalurkan ke tubuh dengan baik dan timbulnya sesak nafas.

Beberapa cara untuk menghilangkan stress:

  • Tenangkan pikiran kita dan membuat pikiran kita menjadi santai. (contohnya: mendengar musik)
  • Olahraga.
  • Rekreasi, dll.

9. Sesak nafas, karena saat terjadi kepanikan.

Orang pada saat terjadi kepanikan, bisa menimbulkan sesak nafas dan rongga dada menjadi lebih ketat. Jika kondisi ini berlangsung terus, bisa menyebabkan kekurangan oksigen dan pingsan.

Cara untuk mengendali saat terjadi kepanikan:

  1. Duduk dan bersantai.
  2. Usahakan bagian bahu dan lengan dalam posisi santai.
  3. Sandarkan bagian tubuh ke depan dan jadikan lengan sebagai tumpuan.
  4.  Lakukan penarikan nafas panjang dan kemudian menghembuskan nafas secara perlahan. Ini bisa membuat rongga paru- paru menjadi santai.

10. Sesak nafas, disebabkan emosi terlalu tinggi.

Emosi yang terlalu tinggi, bisa menyebabkan sesak nafas. Misalkan saat emosi lagi marah, sedih dan depresi berat. Kendalilah emosi ini. Bisa melakukan seperti: berdiam diri, mendengar musik, pergi ke tempat yang nyaman dan bisa menenangkan emosi kita, dan bisa churhat dengan orang yang kita percaya.

11. Sesak nafas, disebabkan oleh alergi.

Alergi bisa menyebabkan timbul rasa sesak nafas. Ada beberapa alergi yang perlu kita ketahui: alergi terhadap debu, bulu binatang, parfum, bau cat dan lainnya. Jadi, jika kita sudah mengetahui seseorang alergi terhadap apa, maka itu harus dihindarinya. Contoh, orang yang alergi terhadap debu. Makanya, rumah harus dijaga kebersihannya.

12. Minuman Jahe.

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk melegakan pernafasan dan mengatasi sesak nafas. Jahe mengandung antioksidan yang mampu menyembuhkan infeksi pada pernafasan.

Caranya: Ambil sepotong ruas jahe bersama 2 gelas air mineral, lalu merebusnya. Minumlah air jahe tersebut yang sudah siap untuk dihidangkan. (bisa diminum dalam sehari).

13. Buah Bit.

Buah Bit mengandung antioksidan yang sangat tinggi, bisa mengobati sesak nafas. Buah bit merah mengandung zat besi, kalsium dan kalium. Ini bisa mendukung produksi sel darah merah pada tubuh kita, terutama sangat sesuai untuk orang yang menderita penyakit Anemia.

14. Teh Alami.

Salah satu jenis teh alami disebut Green World Clear Lung Tea adalah jenis ramuan teh yang bisa mengurangi pengendapan kotoran di paru- paru dan melindungi sistem pernafasan serta bisa menyembuhkan sesak nafas.

Demikianlah, cara untuk mengatasi sesak nafas secara alami. Kiranya ini bermanfaat bagi setiap orang yang telah membacanya. Jikalau kondisi sesak nafas sudah terasa berat dan serius, silahkan kunjung ke dokter yang bersangkutan.

  • cara mengatasi sesak nafas
  • cara mengobati sesak nafas
  • mengatasi sesak nafas

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat