2 Cara Membuat Handbody Racikan Sendiri Menggunakan Bahan Alami


Kita masih sering mengeluh akhir-akhir ini khawatir dengan keamanan handbody atau lotion yang kita gunakan sehari-hari, padahal sudah dibeli dengan biaya yang mahal.

Sebenarnya kita dapat membuat sendiri handbody atau lotion, sehingga kita yakin dengan keamanan serta biaya yang murah. Bahan dasar untuk pembuatan lotion sangat sederhana, yaitu minyak (Oil) dan air yang digabungkan sehingga menyatu dengan menggunakan cara emulsifikasi.

Keuntungan dari membuat lotion sendiri adalah kita mampu membuat jenis lotion yang disesuaikan dengan jenis kulit, aroma yang diinginkan, serta biaya yang lebih murah.

Minyak berfungsi agar menjaga kulit tidak cepat kering dan juga sebagai sumber aroma pada saat kita akan membuat handbody atau lotion. Air berfungsi sebagai pengencer yang dibutuhkan untuk menentukan seberapa encer handbody atau lotion yang kita inginkan saat dalam proses emulsifikasi.

Sedangkan pengemulsifikasi merupakan zat yang dibutuhkan untuk mencampur bahan air dan minyak sehingga dapat bercampur secara merata dan stabil.

Karena sebagaimana kita ketahui bahwa minyak dan air tidak bisa bercampur. Oleh karenanya kita memerlukan pengemulsi. Contoh pengemulsi seperti beeswax atau petroleum jelly.

Cara Membuat Handbody / Lotion Sendiri

Dibawah ini terdapat bahan-bahan yang diperlukan dan cara pembuatannya (dengan microwave atau dengan panci sederhana):

Bahan-bahan

  •  1 sampai ¾ cangkir minyak (bisa minyak zaitun, minyak alpukat, minyak herbal, minyak kelapa atau minyak lain dengan aroma yang kita suka).
  • Tiga sendok makan beeswax (lilin lebah murni), anda bisa membelinya di supermarket.
  • ¾ cangkir air (lebih bagus menggunakan air yang telah dimurnikan, tanpa mineral), bisa juga menggunakan air beraroma mawar atau teh herbal.

1. Cara membuat dengan bantuan microwave

  •  Campurkan setengah cangkir minyak (yang kita pilih dengan aroma yang kita inginkan) dengan dua sendok makan pengemulsi (seperti beeswax atau petroleum jelly) ke dalam wadah yang aman seperti ke dalam cangkir gelas kaca atau keramik untuk dipanaskan kedalam microwave.
  • Panaskan bahan yang telah dicampurkan tadi dalam pengaturan suhu sedang, sambil diperiksa tiap 30 detik sampai kedua bahan benar-benar mencair dan bercampur.
  • Bila kedua bahan telah mencair dan bercampur, tambahkan air yang sudah dimurnikan atau aquades (pakai air masak atau air bersih bila tidak ada) secara sedikit-sedikit, sambil di aduk dengan garpu hingga bercampur merata seluruhnya. Untuk mendapatkan pencampuran yang lebih baik, kita bisa menggunakan blender model stik (stick blender). Namun perlu diingat putarannya disetel lambat dan dimasukkan lebih dulu kedalam bahan lotian sebelum dihidupkan. Karena jika tidak, bahan lotion yang masih panas bisa terhambur (muncrat) keluar mengenai diri kita.
  • Setelah bahan tercampur dengan baik, biarkan beberapa saat agar dingin. Saat menjadi dingin, maka bahan lotion akan semaking mengental. Setelah itu masukkan ke wadah atau botol penyimpanan sesuai keinginan kita. Bila ada, kita bisa menggunakan botol bekas handbody yang telah kosong dan telah dibersihkan sebelumnya.

2. Cara membuat dengan menggunakan panci atau pemanas biasa

  • Campurkan seluruh bahan ke dalam wadah seperti toples kaca kecil atau keramik kecil yang akan dipanaskan dalam panci air panas nantinya.
  • Isi panci ukuran sedang dengan sedikit air dan panaskan dalam api ukuran sedang.
  • Masukkan toples kaca atau wadah kaca ke dalam panci yang berisi air yang dipanaskan. Jangan sampai air masuk ke dalam wadah atau gelas kaca. Kurangi kadar air jika terlalu banyak.
  • Saat air semakin panas, maka bahan yang dicampur dalam gelas kaca akan semakin mencair dan menyatu atau bercampur.
  • Aduk sesekali bahan lotion yang berada didalam kaca agar dapat bercampur dengan baik.
  • Setelah bahan bercampur maka angkat gelas kaca dari panci. Bahan lotion di dalam kaca tetap diaduk sampai lotion menjadi dingin dan mengental.
  • Setelah lotion dingin, maka lotion boleh dipindahkan ke tempat penyimpanan atau botol lotion bekas yang sudah dibersihkan atau toples kecil.

Tips Penting Pada Proses Pembuatan

Air yang yang dimurnikan merupakan air yang telah melalui proses pemurnian, sehingga tidak terdapat lagi kandungan-kandungan mineral di dalam air tersebut.

Dalam kandungan air minum atau air sehari-hari biasanya terdapat kandungan mineral yang diperlukan tubuh saat minum atau kandungan logam lain. Sedangkan air yang dimurnikan biasanya tujuannya hanya untuk sebuah pengenceran seperti obat-obatan.

Contoh air yang dimurnikan misalnya aquades yang banyak dijual di apotik.
Sedangkan pengemulsi merupakan bahan yang diperlukan untuk mencampur antara air dan minyak agar tetap bercampur dan bertahan lama. Selain itu, pengemulsi juga dapat mengawetkan lotion yang kita gunakan.

Biasanya pengemulsi biasa dijual di apotik (terutama yang meelayani konsul kecantikan), toko kecantikan atau toko lain yang menyediakan. Biasanya agak sulit didapatkan.

Sebenarnya jika kita mau, tidak selamanya kita menggunakan pengemulsi. Jika tidak menggunakan pengemulsi, maka kita perlu mengocok bahan racikan kita sesaat sebelum digunakan agar minyak dan air dapat bercampur.

Namun dianjurkan untuk menambahkan pengemulsi agar pencampuran air dan minyak dapat bercampur merata dalam molekul-molekul kecil dan juga dapat lebih awet. Selai ketiga bahan lain, biasanya juga dicampurkan beberapa bahan seperti vitamin-vitamin untuk kulit atau bahan lainnya.

  • cara membuat handbody racikan
  • handbody racikan
  • cara membuat hand body racikan

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah