3 Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan Yang Bisa Anda Lakukan



Pengalaman sebagai ibu baru bisa jadi menyenangkan tapi juga tak jarang menjengkelkan. Menginjak usia buah hati yang sudah 10 bulan, bisa jadi para ibu baru merasa cukup kewalahan menghadapi tingkah mereka. Apalagi urusan makan. Saat ini, anak sudah mulai mengenal rasa sehingga tak jarang mereka kerap menolak makanan yang terasa tidak lezat di lidah.

Bagaimana menghadapi anak 1 tahun susah makan? Ibu, ternyata kejadian ini tak hanya dialami satu atau dua orang saja. Mungkin menjadi pengalaman yang serba membingungkan terutama bagi ibu baru. Namun tak perlu khawatir, meski buah hati bersikeras menolak makan dan susah untuk membujuk mereka, bukan berarti kita harus kehabisan cara dalam mengatasi anak 1 tahun susah makan.

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi anak 1 tahun susah makan yang dapat dilakukan.

1. Mengenali penyebabnya

Meski anak usia 10 bulan hingga 5 tahun memiliki kecenderungan untuk menolak makan, bukan berarti semuanya pasti memiliki sebab alami karena mereka sudah bisa membedakan rasa. Bisa jadi ada kejadian tak mengenakkan bagi mereka sehingga membuat mereka susah makan. Coba ingat-ingat lagi, apakah si kecil pernah mengalami kejadian tertentu yang membuat trauma? Bisa jadi mereka ingat bahwa Anda atau pengasuhnya pernah memaksa mereka untuk makan sehingga si kecil melakukan aksi protes mogok makan.

2. Mengatasi dengan trik perilaku

Jangankan mau makan, lihat makanan saja mungkin sudah membuatnya malas. Kalau sudah begini, Ibu bisa memberlakukan trik yang banyak diaplikasikan ibu-ibu senior,  mengalihkan perhatian. Misalkan, si kecil menyukai mainan tertentu. Biarkan ia bermain dengan mainan kesukaannya sembari disuapi. Tanpa sadar, ia akan tetap mau membuka mulut dan memakannya. Padukan teknik pemberian makanan ini dengan menggunakan tangan.

3. Membuat tampilan makanan semenarik mungkin

Salah satu cara untuk menarik perhatian si kecil agar tetap mau makan di usia yang umum sebagai usia penolakan makan adalah menata makanan semenarik mungkin. Ibu bisa membentuk berbagai makanan tersebut menjadi karakter. Dengan menata makanan ini, Ibu bisa mengombinasikan berbagai bahan makanan mulai dari nasi, lauk, serta sayuran yang sama-sama penting dan dibutuhkan bagi perkembangan si kecil. Selain menata tampilan makanan seunik mungkin, jangan lupa untuk memberikan selingan berupa camilan sehat seperti buah dan agar-agar ya, Ibu.

Sebenarnya Anda perlu mengetahui mengapa anak Anda menjadi sulit makan. Mungkin terkadang ada pertanyaan yang muncul di benak Anda, apakah si kecil sakit? Penyebab lain mengapa anak 1 tahun susah makan bisa jadi karena sakit. Cobalah untuk memeriksa sendiri mulut anak. Apakah memang anak sedang mengalami sariawan atau mungkin nafasnya terasa hangat? Bisa jadi gigi yang sedang tumbuh membuat mereka gatal dan menghindari makanan sebisa mungkin.

Sedini mungkin Ibu mengetahui penyebab anak 1 tahun susah makan yang mungkin bukan karena perkara selera, Ibu bisa memberikan tindakan dan penanganan yang tepat sehingga meminimalisir kemungkinan buruk yang berlanjut seperti anak kekurangan gizi. Jika ternyata ada kondisi lain yang dinilai lebih parah (seperti anak memuntahkan makanan atau disertai demam tinggi), segera konsultasikan dengan dokter. Ada kemungkinan yang lebih membutuhkan perhatian seperti gangguan pencernaan pada si kecil yang tak bisa mereka ungkapkan.

Menjadi ibu yang cepat tanggap memang bukan perkara mudah, sekalipun untuk urusan yang relatif sederhana seperti masalah anak 1 tahun susah makan ini. Namun mengingat hal ini dilakukan demi kebaikan si kecil, apa sih yang tidak bisa diusahakan demi buah hati tercinta? Bukankah begitu, bunda? Mungkin jika satu dua hari saja tidak masalah, terlebih jika suasana sedang tidak mendukung. Bisa saja Anda sedang bepergian, sehingga si kecil menjadi tidak nafsu makan. Bagaimana jika hal ini terjadi hampir setiap hari? Jika hal seperti ini terjadi, sebaiknya mulai ambil langkah tepat untuk mengatasi hal ini agar anak bisa kembali nafsu makan. Jangan pernah menunda apabila Anda tidak menginginkan hal-hal fatal terjadi.

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah