3 Cara Mengatasi Pemanasan Global Yang Perlu Kamu Ketahui



Cara mengatasi pemanasan global − Global warming atau pemanasan global bukan merupakan hal yang asing lagi di telinga kita. Global warming merupakan efek yang ditimbulkan akibat meningkatnya kadar CO2 di atmosfer bumi.

keadaan ini yang membuat emisi gas rumah kaca semakin meningkat dan apabila dibiarkan secara terus menerus tanpa tindakan penanggulangan yang tepat maka akan berdampak pada meningginya permukaan laut, meningkatnya suhu udara serta perubahan cuaca dan iklim yang tidak stabil. Lantas apa saja yang harus kita lakukan untuk mengatasi pemanasan global ini?

Solusi Mengatasi Pemanasan Global

Cara mengatasi pemanasan global dapat berhasil apabila adanya kerja sama dari semua pihak baik itu pemerintah, kelompok maupun seluruh masyarakat. Berikut ini tips mencegah pemanasan global, antara lain:

1. Mengurangi Produksi Karbon Dioksida

Pemanasan global sejatinya telah berlangsung pada waktu yang cukup lama, dan untuk menghadapinya telah lebih dari 150 negara yang bersepakat untuk bekerja sama dalam mengurangi produksi karbon dioksida terutama oleh negara-negara industri.

Namun upaya ini tentunya tidaklah mudah, terlebih pemakaian kendaraan yang semakin meningkat membuat kandungan karbon dioksida di udara semakin meningkat. Untuk itulah di Indonesia sebagai paru-paru dunia mencanangkan berbagai program untuk meremajakan hutan, dan melaksanakan reboisasi diberbagai kawasan yang telah gundul.

Namun usaha pemerintah ini juga harus kita dukung dengan menanam pohon disekitar rumah, dan ikut serta dalam mencegah penebangan hutan secara liar.

Selain itu untuk mengurangi produksi karbon dioksida juga menjadi kewajiban kita semua. Untuk itulah harus diawali dengan kesadaran masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga bumi agar tetap lestari yang diantaranya dengan menggunakan kendaraan seperlunya, dan lebih memilih menggunakan kendaraan umum ketika hendak berpergian jauh serta mengurangi pemakaian listrik yang berlebihan.

Dimana untuk Indonesia sendiri pembangkit listrik lebih didominasi oleh pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Untuk itulah di Jepang telah lama menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir karena dianggap lebih efektif dalam mengurangi efek pemanasan global.

2. Mengubah Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk disini maksudnya adalah kebiasaan yang dapat meningkatkan pemanasan global. Yang antara lain adalah pembangunan rumah kaca, memakai barang-barang sekali pakai, penggunaan energi yang berlebihan serta penggunaan sumber daya alam yang berlebihan.

Semua kebiasaan tersebut merupakan faktor yang dapat memicu peningkatan pemanasan global. Untuk itulah alangkah baiknya jika kita memanfaatkan berbagai sumber daya alam, seperti tanaman, hewan, air dan lain sebagainya secara bijak dan sesuai kebutuhan.

Selain itu hemat energi dan lebih memilih menggunakan energi pengganti juga dapat menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengatasi pemanasan global.

3. Menciptakan Energi Pengganti

Cara untuk mengatasi pemanasan global selanjutnya adalah dengan meniciptakan energi atau bahan bakar pengganti. Untuk saat ini sumber bahan bakar fosil masih menjadi sumber energi yang banyak digunakan. Hal ini patutnya dicari solusinya, karena masih banyak sumber energi yang dapat kita gunakan, seperti air, angin, matahari hingga nuklir.

Kesemuanya dapat diolah dan menjadi sumber energi yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan manusia. Dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar fosil yang dapat habis, penggunaan bahan bakar alternatif tentunya akan lebih efisien apabila dikelola dengan baik.

Itulah beberapa cara mengatasi pemanasan global yang dapat kami sampaikan. Yang perlu kita ingat untuk mencapai perubahan yang besar haruslah kita mulai dari diri sendiri. Jadi marilah kita atasi pemanasan global ini bersama-sama untuk generasi penerus kita.

Agar semua umat dapat menikmati keindahan dunia yang bebas dari polusi dan bencana alam.

Pencarian Masuk:

  • yang harus kita hindari dari pemanasan global

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat