4 Cara Mencegah Jerawat Secara Ampuh dan Terbukti Berhasil


Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat dikeluhkan oleh kebanyakan orang, terutama oleh kaum hawa. Hal ini tak lain karena pengaruh besar yang ditimbulkan terhadap penampilan wajah. Oleh karenanya banyak dari mereka yang mencari cara mencegah jerawat secara alami untuk menjaga kulit wajah mereka tetap cantik dan mulus.

Untuk mencegahnya, anda terlebih dahulu harus mengetahui apa saja penyebab dari timbulnya jerawat, yang antara lain dipengaruhi oleh hormon, kadar minyak yang berlebih, hingga kebersihan kulit muka.


Cara Ampuh Mencegah Jerawat Secara Alami

Cara mencegah jerawat secara alami dapat anda lakukan dengan menjaga kebersihan wajah, menjaga kandungan nutrisi yang diperlukan kulit, serta melakukan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Berikut ini penjelasannya, yaitu antara lain:

1. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Setelah mengetahui penyebab dari timbulnya jerawat, maka kita dapat mengantisipasinya dengan menghindari beberapa hal yang memicu timbulnya jerawat.

Dan penyebab yang paling mempengaruhi timbulnya jerawat adalah kebersihan kulit wajah. Untuk itulah selalu bersihkan wajah anda secara teratur, terutama setelah berpergian dan memakai kosmetik. Selain itu ada kebiasaan yang sangat perlu anda hindari yang tak lain adalah menyentuh kulit wajah ketika tangan kotor. Meskipun ini terlihat sepele namun tangan anda yang kotor ini akan menempel pada kulit wajah anda, yang membuat kulit rentan terhadap jerawat.

2. Gunakan Kosmetik Yang Sesuai

Cara selanjutnya adalah menggunakan kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan gunakan kosmetik secara berlebihan karena akan membuat kulit lebih mudah berjerawat.

Namun apabila memang diperlukan segera bersihkan kosmetik setelah menggunakannya. Selain itu gunakan kosmetik sesuai dengan kondisi kulit anda. Untuk dapat mengetahui kondisi kulit anda, tentunya anda harus mengkonsultasikannya kepada dokter kulit.

Hal ini memang sangat dianjurkan untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan seperti alergi, jerawat, hingga iritasi akibat kosmetik. Dan bagi anda yang sedang dalam masa puber, sebaiknya memilih kosmetik yang sesuai dengan usia anda.

3. Masker Alami

Penyebab lain dari timbulnya jerawat adalah karena tingkat minyak yang berlebihan. Selain dengan cara membersihkan muka secara teratur, anda juga dapat mencegah timbulnya jerawat dengan merawat kulit wajah menggunakan masker alami.

Beberapa bahan yang dapat anda gunakan sebagai masker alami untuk mengurangi kadar minyak dalam wajah antara lain adalah lemon atau jeruk nipis yang dapat anda aplikasikan langsung pada kulit wajah. Selain itu anda juga dapat menggunakan putih telur yang dicampur dengan madu.

Oleskan pada wajah anda kurang lebih selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih. Campuran kedua bahan ini dapat membuat kulit anda lembab dan bebas dari minyak berlebih.

4. Olah Raga Dan Minum Air Putih

Kedua kebiasaan ini memang sudah tidak diragukan khasiatnya, selain membuat tubuh tetap sehat. melakukan olahraga secara rutin juga membuat kulit tetap kencang dan sehat.

Dan jika didukung dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka lengkaplah sudah khasiatnya dalam mencegah timbulnya jerawat. Bahkan akan membuat kulit wajah anda terlihat lebih segar dan lembab.

Selain cara alami untuk mencegah timbulnya jerawat diatas, untuk menjaga kulit wajah anda tetap sehat dan bersinar, ada baiknya anda juga mengkonsumsi aneka buah-buahan yang mengandung banyak vitamin untuk kesehatan kulit, terutama buah-buahan yang dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah anda, yang antara lain adalah buah semangka, apel, serta buah pisang yang mengandung banyak potassium.

Demikianlah beberapa cara mencegah jerawat secara alami yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat