6 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Bisa Anda Lakukan


Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Meski mungkin kita banyak mendengar kisah hidup orang yang tetap berhasil bertahan hingga saat ini dengan satu ginjal saja, tetapi sebenarnya hidup dengan satu ginjal juga merupakan hal yang berisiko. Beberapa hal yang perlu diwaspadai dari hidup dengan satu ginjal antara lain ginjal menjadi harus lebih keras (karena fungsi dua ginjal akhirnya ditanggung satu ginjal saja), kelelahan, serta peningkatan tekanan darah.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

 Bagi Anda yang tidak ingin berhadapan dengan risiko yang mungkin mengancam karena hanya memiliki satu ginjal saja? Maka, perlu ada kesadaran diri untuk menjaga ginjal sebagai organ vital dan investasi kesehatan yang mahal harganya. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah sebagai berikut.

1. Boleh saja terhidrasi, asal tidak berlebihan

Haus itu wajar. Terkadang kita harus menahan hasrat untuk tidak minum untuk beberapa saat seperti saat meeting dadakan atau ketika berada di luar ruangan dan memang tidak membawa minum. Sebenarnya, haus memang merupakan bentuk dari dehidrasi namun dalam taraf ringan. Hanya saja, jangan biarkan diri kita mengalami dehidrasi terlalu parah. Kekurangan cairan bisa berakibat buruk mulai dari symptom yang ringan sampai dengan yang berat. Kekurangan cairan juga berdampak pada beratnya kinerja ginjal sekalipun seseorang masih memiliki dua ginjal normal. Selalu pastikan bahwa kita mengonsumsi setidaknya 2 liter air mineral setiap hari.

2. Selalu konsumsi makanan sehat.

 Bukan hanya diperhatikan dari kebiasaan minum yang tidak boleh kurang dari 2 liter per hari. Asupan makanan juga harus kita jaga agar ginjal kita tidak bermasalah. Masalah yang muncul pada ginjal juga bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk lantas memengaruhi kondisi kesehatan organ lainnya yang kemudian mengarah pada kinerja ginjal menjadi berat. Beberapa penyakit yang memperberat kerja ginjal adalah ketika seseorang mengalami tekanan darah tinggi (akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam) dan juga diabetes (akibat terlalu banyak asupan gula yang masuk ke dalam tubuh).

3. Olah raga secara teratur (dan secukupnya).

Pola hidup sehat selanjutnya guna menjaga ginjal tetap prima adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Aktivitas fisik teratur bisa menjaga tubuh tetap prima dengan menjaga berat badan tetap ideal dan tekanan darah yang tidak terlalu tinggi. Akan tetapi, olah raga yang disarankan juga tidak boleh terlalu berat dan membebani diri sendiri karena hal ini berpotensi menumpu beban pada ginjal.

4. Boleh juga mengonsumsi suplemen dan obat herbal pendukung.

 Sudah tidak susah menemukan berbagai suplemen dan obat herbal yang bisa kita konsumsi untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh. Pastikan kita memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral setiap harinya namun jangan lupa untuk mengimbanginya dengan minum air mineral yang cukup. Jika merasa hal ini cukup penting, pastikan sudah membicarakannya dengan dokter sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih dan mengonsumsi suplemen maupun obat herbal guna menunjang kesehatan ginjal.

5. Berhentilah merokok dari sekarang!

 Sama sekali tidak ada efek baik dari kegiatan merokok. Selain buruk untuk kesehatan pernafasan dan kerap dianggap sebagai penyebab utama kanker, merokok ternyata juga memiliki dampak negatif bagi ginjal kita. Merokok bisa menurunkan aliran darah yang melalui ginjal dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang berkorelasi dengan risiko kanker ginjal.

Dan bukan hanya rokok. Jika saat ini Anda tergolong sebagai seorang peminum minuman keras atau beralkohol, mulailah untuk mengurangi dan menghilangkan kebiasaan tersebut karena minuman ini berpotensi merusak fungsi ginjal.

6. Coba lakukan screening ginjal secara berkala.

 Tidak ada orang yang tahu pasti mengenai penyakit yang mungkin bersembunyi atau tidak aktif. Rajinlah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan diri terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan pengidap diabetes atau tekanan darah tinggi. Para penderita diabetes dan hipertensi memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami disfungsi ginjal dan diperlukan perawatan rutin dan khusus untuk mengatasi kondisi seperti ini agar tidak muncul masalah baru pada ginjal.

Memang, kebiasaan dewasa muda saat ini adalah terlalu fokus pada karir dan pekerjaan serta kurang memperhatikan faktor kesehatan yang sesungguhnya menjadi dasar mereka mampu melakukan berbagai hal. Padahal, ketika ginjal kita sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, kita sendiri yang akan susah dan baru menyadari bahwa apa yang kita lakukan seolah menjadi tidak ada nilainya. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan sesi perawatan terhadap ginjal sebagai aset kesehatan sepanjang hidup ya!

No comments for "6 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Bisa Anda Lakukan"