7 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Secara Alami Dan Mudah



Cara mengatasi bibir pecah pecah – Bibir merupakan bagian dari mulut yang merupakan organ pencernaan yang bersifat sebagai pintu dari masuknya makanan. Selain berfungsi dalam proses pencernaan, mulut dalam hal ini adalah bibir menjadi salah satu bagian dari penampilan atau penilaian kosmetik terutama wanita.

Kesehatan bibir yang bila terganggu tentu dapat mempengaruhi kedua hal tersebut diatas. Salah satu gangguan pada bibir yang sering terjadi adalah bibir pecah-pecah.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah biasa tejadi akibat kondisi bibir yang tidak lagi lembab sehingga kulit bibir tidak bersifat elastis dan mudah pecah. Ketika hal ini terjadi, dapat memberikan beberapa manifestasi berupa rasa perih dan biasanya kadang bisa sampai berdarah. Ketika hal ini terjadi, biasanya terjadi beberapa luka yang bisa terjadi pada bibir.

Oleh karenanya banyak orang merasa terganggu dengan keadaan bibir yang pecah-pecah ini. Sehingga kita perlu memahami bagaimana cara agar bisa mengobati atau mengurangi peca-pecah pada bibi agar tidak semakin bertambah parah. Dibawah ini merupakan beberapa metodae yang dapat dicoba dalam menangani bibir pecah:

1. Hindari menjilat bibir

Banyak orang beranggapan bahwa jika bibir kering maka harus dibasahi atau dibuat menjadi lembab. Oleh karena itu, cara tercepat yang paling sering dilakukan adalah dengan menjilat bibir atau membasahi bibir dengan ludah. Padahal cara tersebut justru mempercepat atau memperberat bibir kering tersebut.

Sifat ludah yang cepat mengering atau menguap justru akan mempercepat keringnya bibir. Dibanding membasahi bibir dengan ludah, sebaiknya menggunakan lip balm untuk melindungi bibir.

2. Banyak minum

Minum air banyak selain untuk membasahi bibir secara langsung, juga mempunyai fungsi menjaga kelembaban bibir dari dalam sistem tubuh. Bibir yang pecah-pecah dapat disebabkan oleh keadaan tubuh yang sedang dehidrasi. Keadaan tubuh yang dehidrasi menyebabkan kadar cairan sel juga ikut rendah.

Sehingga dehidrasi tersebut dapat menyebabkan bibir pecah, berhubung bibir merupakan jaringan lunak yang kaya cairan tubuh.

Oleh karenanya ketika terjadi bibir pecah, bisa saja disebabkan oleh dehidrasi. Karena itu sebaiknya saat bibir pecah, kita perlu banyak minum karena bisa saja hal tersebut pertanda dehidrasi.

3. Gunakan lip balm

Penggunaan lip balm sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati bibir pecah-pecah. Lip balm bersifat sebagai pelindung bibir dengan cara melindungi bibir dari sinar ultraviolet. Selain itu juga lip balm melindungi terhadap perubahan cuaca baik cuaca dingin dan cuaca panas.

Sebaiknya segala aktivitas di luar ruangan segala cuaca dan di dalam ruangan pada suhu dingin dan kering. Lip balm sendiri dapat dibuat secara alami dengan beberapa bahan misalnya minyak, madu, beeswax dan beberapa bahan lainnya yang dapat dicampurkan.

4. Hindari penggunaan sembarang obat

Riwayat penggunaan obat tertentu secara sering ternyata dapat memberikan efek samping berupa bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, penderita bibir pecah-pecah perlu melihat atau mengingat riwayat mengkonsumsi obat akhir-akhri ini.

Jika obat tersebut merupakan pemberian dokter dan wajib untuk diminum untuk mengobati penyakit tertentu, maka berkonsultasilah kembali dengan dokternya tentang penggunaan obat tersebut, bila memungkinkan mintalah diganti dengan obat lain.

5. Memakai minyak

Pada zaman dahulu sebelum ditemukannya lip balm, banyak orang-orang yang mengalami bibir kering dan pecah-pecah memakai minyak untuk menjaga agar bibir tidak kering dan pecah-pecahnya tidak bertambah parah.

Ternyata hal tersebut maih digunakan hingga saat ini, dimana banyak orang yang mengalami keluhan bibir kering dan pecah-pecah lebih memilih mengoleskan minyak pada bibirnya.

Minyak yang digunakan juga bermacam-macam, tergantung dari apa yang tersedia di dapur rumah pada umumnya. Kita dapat menggunakan minyak kelapa, minyak zaitu, minyak sayur dan olahan minyak lainnya.

6. Jaga bibir dari paparan zat tertentu

Bagian kulit bibir juga merupakan bagian kulit yang tipis dan bisa sensitif. Dalam kehidupan sehari-hari, baik disengaja atau tidak pasti akan ada banyak paparan yang dapat mengenai bibir. Paparan bisa berasal dari makanan hingga produk kosmetik.

Paparan yang paling sering memberikan efek negatif pada bibir paling sering dari kosmetik. Salah satu dampak dari paparan yang terjadi yaitu bisa menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit. Akibat dari iritasi dapat merusak sel permukaan kulit dan menyebabkan sel-sel kulit bibir akan mati.

Ketika sel pada kulit bibir mati, maka bisa menyebabkan terjadi penebalan kulit dan akhirnya mudah kering dan pecah-pecah.

7. Hindari atau kurangi menghembuskan napas dari mulut

Kebiasaan meniupkan udara atau menghembuskan nafas dari bibir ternyata bisa berdampak memperparah pecah-pecahnya bibir. Udara yang keluar masuk lewat mulut dapat mempercepat terjadinya penguapan air pada kulit sekitar bibir.

Kebiasaan ini juga sering terjadi pada orang yang setelah berolahraga dengan status tubuh yang sedang dehidrasi akibat olahraga ditambah dengan bernapas menggunakan mulut, dapat semakin memperberat bibir kering dan pecah.

Selain itu kebiasaan ini juga sering terjadi pada orang dengan kebiasaan tidur sambil mendengkur yang tanpa disadari dapat juga membuat bibir mudah kering dan pecah.

Beberapa hal diatas dapat anda coba dirumah, cara alami menghilangkan bibir pecah-pecah ini tentu membutuhkan proses yang tidak sebentar dan konsisten dalam menjalaninya.

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah