7 Gejala Penyakit Usus Buntu Yang Perlu Anda Tahu



Gejala usus buntu – Usus buntu bukanlah penyakit baru yang terdengar di sekitar kita, akan tetapi penyakit ini sudah menjadi penyakit yang populer. Kenapa populer? Karena sudah banyak orang yang mengalami penyakit ini. Dari anak-anak hingga dewasa.

Penyakit usus buntu adalah penyakit yang menyerang pada usus yang dinamakan dengan usus buntu. Dinamakan dengan usus buntu dikarenakan belum ditemukan adanya fungsi dari usus ini. Akan tetapi beberapa penelitian terbaru mengatakan bahwa usus buntu memiliki fungsi. Walau memang tak dipungkiri belum banyak yang tahu secara detail akan fungsi dari usus ini.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Usus Buntu

Terjadinya penyakit usus buntu bisa karena adanya radang pada organ tersebut. Jika radang dibiarkan bisa mengakibatkan infeksi yang tentunya akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Apa saja gejala seseorang yang terkena usus buntu? Beberapa gejala yang biasa terjadi pada tubuh seseorang yang terkena usus buntu antara lain:

1. Mengalami nyeri perut

Nyeri pada perut biasanya dimulai dari pusar yang kemudian akan menjalar ke perut sebelah kanan bawah. Jika dibiarkan rasa sakit ini akan terasa juga ketika batuk, berjalan atau pun tertawa.

2. Terasa mual dan ingin muntah

Rasa mual terjadi karena usus mengalami iritasi. Hingga bisa menyebabkan penderitanya akan kehilangan nafsu makan hingga muntah.

3. Perut terasa kembung

Rasa kembung terjadi karena usus sulit mengalami pergerakan. Peradangan pada usus buntu bisa memicu terjadinya pembengkakan pada usus besar. Sehingga pergerakan usus pun terganggu yang membuat perut kesulitan dalam membuang gas sehingga perut terasa menjadi kembung.

4. Perut terlihat membesar

Jika tidak segera diatasi, pembengkakan usus bisa menjadi semakin membesar sehingga membuat perut akan kelihatan buncit.

5. Mengalami demam

Penderita penyakit usus buntu biasanya juga terserang demam. Namun demamnya tergolong ringan.

6. Susah sendawa dan sulit Kentut

Rasa tidak enak dan kembung di bagian perut membuat kita susah mengeluarkan gas buang. Kita sulit untuk bersendawa, kemudian muncul rasa mual. Selain itu, biasanya juga sulit untuk buang angin (kentut)

7. Diare

Penderita usus buntu juga dibarengi dengan diare. Gangguan pencernaan akibat usus buntu biasanya menyebabkan si penderita diare.

Untuk memastikan apakah anda terkena penyakit usus buntu, tentu dengan memeriksakannya ke dokter. Segeralah memeriksakan ke dokter jika ternyata mengalami gejala-gejala di atas. Jangan sampai apa yang anda alami tersebut menjadi parah bahkan kronis yang bisa mengakibatkan hilangnya nyawa atau kematian. Makanlah makanan yang higienis dan bersih untuk menjaga dari kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan infeksi atau peradangan

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah