8 Cara Mengatasi Nyeri Lutut Dengan Tips Ampuh Ini


Baik orang tua maupun mereka yang masih muda, sedikit banyak yang pernah mengalami nyeri lutut. Rasanya memang mengganggu dan kita menjadi tidak bisa melakukan aktivitas dengan bebas. Memaksakan diri untuk bekerja ketika terserang nyeri lutut juga bukan hal yang disarankan. Lantas bagaimana mengatasinya? Sebelum itu, mari tingak tengok apa saja faktor yang memunculkan nyeri lutut ini.

Beberapa Penyebab Nyeri Lutut

Ada tiga hal besar yang menjadi faktor pendukung sakit atau nyeri lutut, di antaranya cedera akut, kondisi medis, dan juga adanya penyakit kronis. Jika Anda pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang, cedera ligamen, atau dislokasi, jangan heran bila terkadang Anda merasakan nyeri lutut yang luar biasa. Sementara itu, beberapa hal yang termasuk dalam kondisi medis adalah ketika Anda memiliki riwayat kesehatan penyakit rematik, radang sendi asam urat, serta radang sendi akibat infeksi. Sakit atau nyeri lutut juga bisa terjadi ketika Anda sedang mengalami penyakit kronis seperti Tendinitis patella atau juga Osteoarthritis.

Gejala yang dirasakan oleh para penderita nyeri lutut pun berbeda-beda, namun setidaknya ada tiga hal yang umum dialami seperti adanya pembengkakan, rasa sakit yang muncul dan cukup parah, hingga tidak bisa berjalan maupun menumpu berat badan pada lutut.

Cara Mengatasi Nyeri Lutut

Untuk menghadapi nyeri lutut yang mungkin sudah sempat kambuh berkali-kali, kami menyarankan beberapa hal yang bisa Anda terapkan guna mengatasi nyeri lutut.

1. Pertahankan berat badan ideal.

Memiliki berat badan berlebih bisa membebani lutut terlalu besar dan hal ini akan menimbulkan nyeri lutut. Mengurangi sekitar 5% dari berat badan Anda sekarang bisa membantu meredakan nyeri lutut yang sering Anda alami sekarang ini. Konsultasikan dengan dokter mengenai rencana diet sehat yang Anda butuhkan.

2. Temukan (dan lakukan) latihan fisik ringan yang Anda sukai.

Olah raga atau latihan fisik mampu memperkuat otot pendukung sendiri yang akhirnya meredam benturan serta menjaga jangkauan gerak supaya bisa bertahan dalam keadaan normal. Berjalan kaki dan berenang bisa jadi latihan fisik ringan yang baik bagi para penderita nyeri lutut. Hindari aktivitas fisik berisiko seperti berlari maupun melompat karena dapat memperparah rasa sakit dan nyeri lutut.

3. Cobalah terapi fisik.

Jangan malu untuk melakukan terapi fisik jika Anda benar-benar menyadari bahwa Anda memiliki riwayat kesehatan nyeri sendi. Terapi fisik yang diberikan bukan seperti terapi pada orang yang harus belajar berjalan lagi tetapi bisa didesain dalam bentuk program latihan yang sesuai dengan kemampuan setiap orang. Hal ini bisa disesuaikan lagi dengan level dan teknik yang tepat untuk permasalahan nyeri lutut setiap orang.

4. Istirahatlah yang cukup dan bersantailah.

Sudah pasti bahwa latihan fisik merupakan hal yang penting tetapi jangan lupakan istirahat. Keseimbangan kesehatan bukan dari rajin berlatih untuk menyehatkan fisik tetapi juga memberi kesempatan sel tubuh dalam memperbaiki dirinya sendiri dan kita bisa melakukannya dengan memberikan jam istirahat atau melakukan meditasi.

5. Pastikan durasi istirahat malam Anda sudah cukup.

Nyeri lutut memiliki hubungan dengan jam tidur malam Anda. Tidur yang cukup adalah syarat dalam mendapatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika Anda merasa memiliki masalah jam tidur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Ketika Anda tidak mendapatkan jam tidur malam yang cukup, risiko untuk mengalami kambuhnya nyeri lutut juga meningkat.

6. Gunakan pereda nyeri tropikal dan dalam bentuk obat oral.

Di Indonesia sendiri sudah tidak jarang kita temukan krim pereda nyeri atau obat oral yang berfungsi sama. Jika Anda merasa membutuhkannya, jangan ragu untuk menggunakan dan mengonsumsi obat pereda nyeri. Untuk tipe tropikal (biasanya dalam bentuk krim atau gel) mengandung komposisi seperti capcaisin, salicylates, dan juga menthol yang mampu meredakan nyeri lutut. Sementara dalam bentuk obat oral, biasanya pereda nyeri tersebut mengandung acetaminophen.

7. Injeksi.

Pada beberapa kasus, nyeri lutut juga baru bisa disembuhkan dengan pilihan penyembuhan melalui injeksi. Injeksi ini sebenarnya berfungsi untuk mengembalikan pelumas lutut yang berkurang dan menyebabkan kambuhnya nyeri lutut. Sebelum memilih tipe ini, tentu Anda harus berkonsultasi dengan dokter lebih dahulu guna memastikan sebab dari nyeri lutut tak tertahankan yang Anda rasakan.

8. Konsultasikan jika membutuhkan langkah operasi.

Karena penyebab dari nyeri lutut beragam, penyembuhannya pasti juga beragam. Pada beberapa kasus, Anda harus menempuh jalur operasi guna memperbaiki dan menyembuhkan lutut yang nyeri. Tentu saja, konsultasikan hal ini dengan dokter lebih dulu.


Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah