8 Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami Pada Wanita


Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa menarik perhatian dan menimbulkan kecantikan serta kepercayaan diri, terutama pada wanita. Umumnya pria, tertarik pada bibir wanita yang warnanya kemerah- merahan dan juga berbagai bentuk bibir wanita.

Jika, seorang wanita yang bibir warnanya gelap dan bahkan hitam di pinggirannya. Ini menyebabkan wanita tersebut merasa sedih dan kurang percaya diri. Apalagi, pada saat berkontak langsung dengan pria yaitu: berciuman. Merasa sedih, bukan?

Penyebab Bibir Hitam

Kenapa bibir wanita bisa menjadi gelap dan bahkan berubah menjadi hitam? Apa penyebabnya? Berikut ini, akan diuraikan beberapa faktor yang menyebabkan bibir hitam:

1. Kebiasaan merokok.

Kebiasaan merokok pada wanita, bisa menyebabkan bibirnya berubah warna menjadi hitam, kering bahkan pecah- pecah. Hal ini disebabkan ketika merokok, ujung rokok yang diisap menimbulkan panas, yang bisa mematikan sel- sel darah merah yang memproduksi pigmen pada bibir serta mengandung nikotin yang tinggi.

Lama kelamaan menyebabkan bibir berubah menjadi hitam. Jadi, berhentilah merokok. Merokok selain merusak kesehatan tubuh kita dan kehilangan rasa kepercayaan diri.

2. Sering memakai Lipstik.

Lipstik merupakan salah satu kosmetik yang digunakan wanita, untuk mempercantik penampilannya. Penggunaan lipstik pada wanita, tidaklah salah. Tetapi, jika wanita yang sering memakai lipstik, akan menimbulkan efek samping dalam jangka waktu lama. Yaitu: perubahan warna bibirnya menjadi hitam.

Penyebabnya: Lipstik mengandung bahan kimia seperti paraffin dan logam. Jika sering digunakan, akhirnya zat- zat tersebut menumpuk pada lapisan bibir.
Jadi, bagi wanita sebaiknya memakai lipstik sesuai keperluan saja. Dan harus membersihkan bibir, setelah memakainya.

3. Sering mengkonsumsi kopi hitam.

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang merupakan selera minum bagi banyak orang. Tetapi, jika sering mengkonsumsi kopi hitam dan minum dalam kondisi panas. Ini bisa merusak bibir, karena panas dan mengandung kafein yang tinggi. Jadi, konsumsilah kopi hitam secukupnya dan dalam keadaan hangat saja.

4. Kebiasaan buruk.

Kebiasaan buruk ini adalah suka menjilat dan menggiggit bibir. Jadi, janganlah melakukan hal ini. Sebab bisa membuat bibir kita rusak dan berubah warna.

5. Sering berada di bawah terikan matahari.

Bagi yang sering bekerja di bagian lapangan dan sering berada di bawah terikan sinar matahari. Haruslah berhati- hati. Sebab sering berada di bawah terikan sinar matahari, bisa menyebabkan kulit kita menjadi kering, yaitu bisa terjadi pada bibir kita. Makanya bisa terjadi perubahan warna. Jadi, jagalah bibir kita selalu dalam keadaan lembab.

6. Kekurangan Vitamin C.

Kekurangan vitamin, bisa mempengaruhi warna bibir kita, terutama Vitamin C. Karena biasanya, jika kekurangan Vitamin C, bibir kita akan sering sariawan dan pecah- pecah. Akhirnya warna bibir kita menjadi tidak cerah dan tidak menawan. Jadi, pastikan konsumsi Vitamin C yang cukup dalam kehidupan sehari- hari.

7. Faktor Genetik.

Faktor genetik, ini sulit dan bahkan tidak bisa dirubah. Sebab faktor genetik ini adalah faktor keturunan. Misalkan, kedua orang bibirnya hitam. Maka, kemungkinan besar warna bibir anaknya juga hitam.

8. Faktor Penuaan.

Ketika bertambahnya usia, hormon dalam diri tubuh manusia akan berubah dan menurun fungsinya. Seperti hormon estrogen yang mampu mengatasi perbaikan dan pergantian sel kulit. Karena faktor penuaan, kadar hormon estrogen menurun. Sehingga warna bibir menjadi gelap dan bahkan menjadi hitam.

Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

Setelah sebelumnya kita mengetahun beberapa faktor yang menyebabkan perubahan warna pada bibir wanita. Berikut ini adalah cara mengatasi bibir hitam, adalah sebagai berikut:

1. Alpukat Dan Minyak Zaitun.

Campuran alpukat dan minyak zaitun bisa membuat warna bibir menjadi cerah merupakan cara yang sangat bagus.

Caranya: Sediakan alpukat kira- kira 50 gram yang telah dihaluskan, kemudian tambahkan dua hingga tiga tetes minyak zaitun. Oleskan pada bibir disertai pijatan lembut, setelah berlangsung beberapa saat, bilas dengan air hangat.

2. Madu.

Madu bisa digunakan sebagai pelembab bibir, yang sangat ampuh. Ini bisa mengatasi bibir kering dan hitam, akibat sering merokok dan memakai lipstik.

Caranya: Oleslah madu asli pada bibir anda, sebelum tidur. Pastikan madu tersebut terserap oleh lapisan bibir anda.

3. Mentimun.

Mentimun, merupakan tumbuhan yang bisa menghilangkan infeksi pada mata. Mentimun juga bisa digunakan untuk mencerahkan warna bibir.

Caranya: Parutlah mentimun dengan secukupnya. Lalu campurkan dengan sedikit perasa air jeruk nipis. Oleskan pada bibir selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air.

4. Lemon.

Lemon mengandung zat Alpha Hydroxy Acid, yang bisa mengangkat sel kulit mati di bagian bibir. Dan lemon yang kaya akan Vitamin C bisa mencerahkan warna bibir.

Caranya: Oleskanlah bibir anda dengan sari lemon.

5. Air Mawar.

Air mawar bisa mencerahkan warna bibir, merah dan menawan. Biasanya bisa dapatkan di toko kosmestik maupun di supermarket.

Caranya: Campurkan kunyit yang telah dihaluskan dengan air mawar secukupnya. Kemudian, oleslah itu pada bibir selama beberapa menit. Lalu bilaslah dengan air hangat.

6. Minyak Almond.

Minyak Almond, berfungsi sebagai pelembab bibir. Dan bisa mencerahkan warna bibir kita.

7. Jeruk Limao.

Jeruk Limao, bisa mencerahkan warna bibir yang hitam dan bisa mengangkat kulit mati pada bibir.

CaranyaJeruk Limao, dibelah jadi dua bagian, lalu taruhlah sedikit gula dan gosoklah dengan halus pada bibir anda. Jika bibir kita luka atau sariawan, bahan alami ini kurang sesuai digunakan. Karena bisa menimbulkan rasa pedih.

8. Mentega.

Mentega, bisa berfungsi sebagai pelembab pada bibir kita. Dan jangan lupa konsumsi air mineral secukupnya (2 hingga 3 liter sehari), sehingga bibir kita warnanya menjadi cerah kembali.

Demikianlah cara mengatasi bibir hitam khususnya pada wanita yang bisa anda coba dirumah, untuk kembali menjadi cerah warnanya dan menawan.

  • apabila bibir hitam adalah penyebab faktor keturunan hal alami apa yg harus dilakukan
  • cerahkan bibir hitam karena merokok di usia 8 th
  • apakah pemakaian lipstik dalam jangka lama akan membuat warna bibir menjadi hitap

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara Meningkatkan IQ Lewat Tindakan dan Kebiasaan Sederhana

6 Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada Dengan Mudah 100% Alami

5 Cara Terapi Wicara Anak Secara Alami Yang Bisa Ibu Coba Dirumah