Termometer Inframerah Mengukur Suhu Tubuh Tanpa Menyentuh


Ingin Mengukur Suhu Tubuh Tanpa Tersentuh? Termometer Inframerah Solusinya! Setiap orang pasti pernah merasakan gejala-gejala tertentu yang mengindikasikan suatu penyakit. Salah satu gejala penyakit yang pernah dialami oleh sebagian besar masyarakat adalah demam. Ya, perlu Anda ketahui bahwa demam bukan merupakan suatu penyakit melainkan hanyalah gejala penyakit. Meskipun demikian, bukan berarti jika demam melanda Anda bisa menyepelekannya. Karena jika seseorang mengalami kenaikan suhu tubuh atau demam, maka kondisi tersebut menjadi langkah awal suatu penyakit bersarang pada tubuh Anda.

Ketika demam melanda, sebaiknya ukurlah suhu tubuh Anda.Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah suhu tubuh Anda benar-benar meningkat dan mengetahui seberapa jauh peningkatan suhu tubuh. Suhu tubuh normal manusia berkisar antara 36 º C hingga 37 º C. Lebih tinggi dari suhu tersebut maka dapat dipastikan seseorang tengah mengalami demam. Pengukuran suhu tubuh manusia dapat dilakukan dengan menggunakan termometer. Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan alat ini bukan? Sejauh ini mungkin beberapa orang hanya akrab dengan dua jenis termometer saja, yaitu termometer manual atau termometer air raksa dan termometer digital. Namun ternyata, perkembangan teknologi menciptakan inovasi baru untuk pengukuran suhu tubuh. Termometer inframerah atau infrared thermometer adalah produk pengukur suhu tubuh terkini hasil karya kecanggihan teknologi. Sudahkah Anda mengenalnya?

Kecanggihan Termometer Inframerah

Dalam penggunaannya, baik termometer manual (termometer air raksa) maupun termometer digital dapat dihimpitkan pada bagian ketiak atau bagian tubuh lainnya untuk pengukuran suhu tubuh. Satu hal yang membuat termometer inframerah berbeda dari jenis termometer lainnya adalah dapat mengukur suhu tubuh tanpa perlu menyentuhnya. Bagaimana hal tersebut dapat dilakukan oleh alat ini?

Seperti namanya, termometer inframerah memiliki sensor berupa sinar inframerah. Dalam pengoperasiannya, sinar inframerah ini memiliki radiasi yang kemudian dipaparkan pada objek yang ingin diukur suhunya. Kemudian sinar inframerah yang dipancarkan oleh objek ini dapat diukur, dan selanjutnya dapat memberikan petunjuk tentang suhu yang ada pada objek tersebut. Termometer inframerah ini diciptakan dengan menganut satu prinsip dasar, yaitu bahwa seluruh objek yang memancarkan energi inframerah yang semakin panas, maka molekulnya akan semakin aktif serta semakin banyak energi inframerah yang akan dipancarkan.

Apa Saja Keunggulan Termometer Inframerah ?

Termometer inframerah diciptakan dengan kecanggihan teknologi masa kini. Karenanya alat ini memiliki keunggulan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan jenis termometer lainnya. Selain dapat mengukur suhu tubuh tanpa menyentuh objek, inilah beberapa keunggulan lainnya dari termometer inframerah:

  • Memiliki tingkat akurasi pengukuran yang tinggi walaupun dalam pengukurannya tidak perlu menyentuh objek.
  • Dapat mendeteksi perubahan suhu dengan cepat (walaupun perubahannya sedikit).
  • Waktu yang diperlukan untuk pengukuran suhu sangatlah singkat, hanya dalam hitungan detik saja.
  • Selain digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia, beberapa tipe termometer inframerah juga ada yang dirancang untuk dapat mengukur objek lainnya seperti suhu permukaan cairan, suhu suatu benda, dan bahkan suhu ruangan.
  • Dapat menjaga risiko keselamatan jika ingin mengukur suatu objek pada lokasi yang sulit atau berbahaya untuk dijangkau, karena tidak perlu menyentuh objek yang akan diukur.
  • Lebih higienis dan aman terutama bagi anak-anak karena tidak perlu menempatkan elemen pengukuran di tubuh.
  • Termometer inframerah didesain dengan bentuk yang simpel, sehingga sangat praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja.
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur unik seperti alarm penunjuk demam, memori,    satuan suhu yang dapat diubah (Celcius atau Fahrenheit), layar LCD yang lebih lebar sehingga pengguna dapat dengan mudah membaca hasil pengukuran, serta adanya fungsi switch-off otomatis.

Bagaimana Cara Menggunakan Termometer Inframerah?

Menggunakan termometer inframerah tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan termometer air raksa ataupun termometer digital. Dengan sensor inframerahnya, maka Anda cukup mengarahkan alat ini saja ke objek yang akan diukur suhunya. Untuk mengukur suhu tubuh seseorang maka dekatkan termometer inframerah ke pelipis atau dahi. Adapula beberpa tipe termometer inframerah yang mengukur suhu tubuh dengan posisi pengukuran di telinga dan di kening. Sedangkan jika ingin mengukur suhu benda atau objek-objek lainnya cukup arahkan alat ini mendekati objek tersebut.

Kecanggihan teknologi selalu melahirkan produk-produk baru yang mempermudah segala urusan maupun aktivitas. Seperti termometer inframerah ini. Tertarik mencobanya untuk mengukur suhu tubuh atau berbagai objek lainnya? Selamat bereksperimen ya!


Post a Comment

Copyright © 2021

Esok Sehat